JAKARTA – Seorang pendaki asal Rusia tersesat di Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali. Pendaki yang diketahui bernama Ildar ini sudah mendaki sejak Minggu (6/3) seorang diri. Dia juga tidak melewati jalur normal yang biasa dilewati wisatawan maupun warga lokal. Pada hari Sabtu (12/3) anggota SAR Denpasar dan BPBD Karangasem sudah bergerak menyisir jalur pendakian dan berhasil menemukan Ildar dalam keadaan selamat.

Ilustarsi : dok mountain-forecast.com
Ilustarsi : dok mountain-forecast.com

Ildar ditemukan dalam keadaan kelelahan. Ia ditemukan berada di sisi timur gunung Agung. Karena medan yang sulit, evakuasi berlangsung cukup lama.

Himbauan mengetahui aturan dan budaya lokal terkait dengan karakteristik yang berbeda-beda pada setiap gunung. “Sebaiknya perhatikan aturan lokal dan budaya setempat demi keselamatan pendakian.” Ujar Didi Hamzar, Kepala SAR Denpasar.

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3031 mdpl. Gunung bertipe stratovolcano ini memiliki kawah yang sangat besar dan dalam. Masyakarat sekitar mempercayai gunung Agung sebagai tempat bersemayam dewa-dewa dan ada pula istana dewata. Selain untuk wisata, masyarakat sekitar juga melakukan ibadah di gunung Agung. (fir/ sumber: koran Kompas)

Similar Posts