pendaki pertama everest

JAKARTA – Kenton Cool (42) seorang pendaki profesional asal Britania menjadi orang pertama yang mencapai Everest pada musim pendakian kali ini. Selain itu, ia merupakan orang pertama yang mencapai puncak setelah pendakian menuju Everest ditutup selama dua tahun. Cool mendaki bersama Robert Richard Lucas, dan David Liano seorang Meksiko, serta tiga pemandu.

pendaki pertama everestKabar keberhasilan Cool bersama rekannya ini disampaikan oleh Presiden Asosiasi Mountaineering Nepal, Ang Tshering Sherpa. Bagi Cool sendiri, ini merupakan kali ke-12 dia tiba di puncak tertinggi di dunia itu. Sementara bagi Liano, ini adalah kali ke-6.

Cool menghubungi sang istri melalui telepon satelit di Glaucestershire, “Puncak tidak pernah tampak lebih indah dan selalu luar biasa untuk kembali lagi.”

Tahun lalu, longsor salju yang dipicu oleh gempa dahsyat menewaskan setidaknya 19 pendaki. Sementara tahun 2014, longsor salju menewaskan 16 Sherpa. Dua bencana berturut-turut itu telah menghentikan pendaki selama dua tahun dari sisi Nepal. Pemerintah Nepal telah memberikan izin bagi 298 orang untuk mendaki Everest tahun ini. (fir/ sumber: bbc.com)

Similar Posts