pencarian pendaki swiss di semeru berlanjut

JAKARTA – Lionel Du Creaux (26), pendaki asal Swiss yang hilang di Gunung Semeru belum ditemukan. Sejak dilaporkan hilang pada Selasa (7/6) oleh Alice Guinard, rekan survivor asal Prancis, hingga kini keberadaan Lionel belum diketahui. Dalam pencarian yang dilakukan oleh Basarnas beserta potensi SAR dari berbagai instansi, ditemukan jejak sepatu dan patahan ranting di sejumlah titik. Namun di mana letak Lionel belum dapat ditemukan.

pencarian pendaki swiss di semeru berlanjutBelum adanya hasil selama seminggu pencarian membuat Basarnas melakukan upaya tambahan demi menemukan survivor yang sudah 10 hari berada di hutan. Salah satunya dengan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) sebagai alternatif pencarian melalui udara. Basarnas juga berencana menggunakan helikopter, tetapi kekhawatiran akan turbulensi menghentikan rencana itu. Sementara dukungan penuh diberikan oleh Konsulat Kehormatan Swiss yang terus memantau pencarian terhadap warga negaranya itu.

Kalau kondisi cuaca bagus maka besok Rabu (15/6) pesawat tanpa awak tersebut sudah bisa diterbangkan untuk membantu pencarian pendaki yang hilang tersebut,” kata M. Arifin, Kepala Basarnas Jawa Timur.

Waktu satu minggu di dalam pencarian adalah batas waktu sebelum dilakukan evaluasi. Baru setelah itu akan diputuskan apakah pencarian akan dilanjutkan atau tidak. Pihak Basarnas Jawa Timur akan melaksanakan evaluasi dan penarikan anggota dari lapangan. Mengingat dukungan dari Pemerintah Swiss, pencarian kemungkinan besar akan dilanjutkan dengan mengganti tim pencari yang sudah seminggu berada di lapangan. Pergantian dilakukan untuk mendapatkan tenaga baru dan semangat yang baru. (fir/ sumber: antaranews.com)

Similar Posts