JAKARTA – UNWTO (United Nation World Tourism Orgaization) menganugerahkan penghargaan dalam kategori inovasi organisasi non pemerintah kepada Kabupaten Buleleng, Bali. Penghargaan ini berhasil diraih berkat program pelestarian terumbu karang di Desa Pemuteran yang diinisiasi oleh Yayasan Karang Lestari. Menurut Gusti Agung Prana, ketua Yayasan Karang Lestari, Desa Pemuteran berhasil mengalahkan nominator lainnya dari Kamboja dan Afrika Selatan.

terumbu karang bulelengSebelumnya, Desa Pemuteran telah mendapatkan lima penghargaan nasional dan internasional terkait pelestarian terumbu karang. Pembangunan konservasi disana juga sekaligus melakukan penelitian mengenai biorock. Biorock adalah metode rehabilitasi terumbu karang yang ditemukan oleh Prof. Wolf Hilbertz dan Dr. Thomas J. Goreau. Metode ini memanfaatkan struktur baja untuk dialiri tegangan listrik dengan voltase rendah sehingga menyebabkan mineral yang terlarut pada air laut mengkristal dan tumbuh membentuk bantuan kapur putih yang serupa dengan terumbu karang alami

Selain Kabupaten Buleleng, Kabupaten Banyuwangi juga mendapatkan penghargaan UNWTO Awards di kategori iinovasi kebijakan publik dan tata kelola (excellence and innovation in public policies and governance). (uli/ sumber: antaranews.com)

Similar Posts