Olimpiade Panjat Tebing

JAKARTA – Olahraga panjat tebing resmi akan diperlombakan di Olimpiade 2020, Tokyo, Jepang. Kemarin, Komite Internasional Olimpiade (IOC) menyetujui paket cabang baru termasuk Baseball/Softball, Karate, Skateboarding, dan Surfing. Keputusan ini dibuat karena sejalan dengan keinginan untuk melibatkan pemuda secara luas, baik dari kalangan atlet maupun penonton.

Olimpiade Panjat TebingCabang lomba panjat akan memiliki tiga nomor, masing-masing adalah sport climbing, bouldering, dan speed. Sebanyak 40 atlet (20 laki-laki, 20 perempuan) akan berkompetisi selama empat hari, dan peraih medali akan ditentukan dari kombinasi ketiga nomor yang diperlombakan.

Federasi Internasional Sport Climbing (IFSC) sudah lama mendorong panjat tebing masuk ke dalam Olimpiade. Diinisiasi pada tahun 2013 namun kemudian gagal. Muncul kesempatan kedua ketika ada program baru yang memperbolehkan Negara penyelenggara mengajukan cabang dengan daya tarik lokal dan internasional. Olahraga panjat masuk ke dalam 26 list yang diajukan dan menjadi bagian dari lima yang diterima.

“Kami sangat senang olahraga panjat masuk ke dalam Olimpiade di Tokyo,” kata Presiden IFSC Marco Scolaris. “Olimpiade adalah impian kami sejak lama dan sekarang kerja keras itu terbayar. Kami sangat berterimakasih kepada IOC yang telah memberikan kesempatan kepada olahraga kami.” (fir/ sumber: climbing.com)

Similar Posts