Tour de Flores

JAKARTA – Sebanyak 325 peserta dari 30 negara akan mengikuti event Tour de Flores 2016. Tour de Flores akan berlangsung pada 18-26 Mei 2016. Para pesepeda akan melakukan start dari Larantuka dan finish di Labuan Bajo. Jalur sepanjang 743km terbagi dalam lima etape, yang semuanya merupakan wisata unggulan di Provinsi NTT yaitu Larantuka, Maumere, Ende, Bajawa, Ruteng, dan Labuan Bajo.

Untuk menyukseskan acara, Tour de Flores bekerja sama dengan Persatuan Balap Sepeda Internasional UCI (Union Cycliste Internationale) dan PB.ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia). Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, event olahraga dengan konsep tur ke lokasi-lokasi wisata menjadi ruang promosi wisata yang efektif. “Banyak event sport tourism internasional seperti Olimpiade, World Cup, maupun MotoGP diperebutkan banyak negara karena memberikan nilai tambah ekonomi maupun publikasi,” ujarnya.

Tour de Flores

Selain bersepeda, khalayak dan peserta juga diajak menikmati wisata Kelimutu sebagai kegiatan pra-event. Pada saat Tour de Flores berlangsung juga akan ada kegiatan fun bike dan penampilan kesenian tradisonal. Event ini ditutup dengan post event berupa kunjungan ke Pulau Komodo dan Pink Beach.

Sebelum Tour de Flores, Indonesia telah memiliki even bersepeda dengan konsep serupa, yakni Tour de Singkarak yang mulai diselenggarakan pada 2009 dan Tour de Ijen yang mulai diselenggarakan pada 2012. (uli/sumber: antaranews.com)

Similar Posts