Mapagama Capai Stok Kangri

JAKARTA – Empat anggota Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gadjah Mada (Mapagama) berhasil menjejakkan kakinya di puncak Gunung Stok Kangri tepat pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Para pendaki yang semuanya perempuan ini mencapai ketinggian 6.153 mdpl pada pukul 10.46 waktu setempat atau pukul 12.14 WIB.

Mapagama Capai Puncak Stok Kangri
Beberapa langkah sebelum tim “Peak of The Ancestors” tiba di puncak Gunung Stok Kangri, India.

Pendakian Gunung Stok Kangri yang berada di Provinsi Ladakh, India, dimulai dari ketinggian 3.360 mdpl pada 13 Agustus 2016. Tim menempuh perjalanan sekitar delapan jam sehari setiap harinya. Pada 16 Agustus pukul 23.00 waktu setempat, tim mencapai basecamp Stok Kangri di ketinggian 5.100 mdpl. Perjalanan menuju puncak dilanjutkan pada malam hari, hingga tiba keesokan paginya. “Cuaca selama perjalanan sangat mendukung dan cerah. Kurang lebih 33 kilometer jarak yang ditempuh dari titik awal pendakian, puncak, dan kembali ke basecamp di Desa Stok,” tutur Muhammad Fadil, ketua Ekspedisi UGM International Expedition III,

Tim yang terdiri dari Dita Novita Sari (Fakultas Psikologi), Eva Lutviatur Rohmah Ningsih (FISIPOL), Ria Verentiuli (Fakultas Ilmu Budaya), dan Chordya Iswanti (Fakultas Pertanian) juga turut melakukan upacara pengibaran bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Puncak Stok Kangri. Rizal Fahmi Priyono, Koordinator UGM International Expedition III menyatakan keberhasilan tim ‘Kartini’ UGM mengibarkan Merah Putih tepat di hari kemerdekaan RI tidak lepas dari latihan yang penuh semangat. Baginya, tim pendaki menyimpan semangat Cut Nyak Dien, Tribhuwana Tunggadewi, Christina Martha Tiahahu, Nyi Ageng Serang, dan Kartini sekaligus. (uli/sumber: kompas.com)

Similar Posts