Jakarta- Dua korban perahu arung jeram yang terbalik ditemukan kritis dan meninggal saat dievakuasi ke rumah sakit. ”Saat ditemukan, kedua korban sebenarnya masih teraba ada denyut nadi dan langsung dilarikan ke RSUD Anna Lasmanah Kota Purbalingga.,” demikian Arif Rachman, Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara. “Namun saat sampai di RS, keduanya sudah meninggal dunia,” lanjutnya

Dua orang meninggal dunia dalam kecelakaan di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, Minggu (11/3) adalah guru dan karyawan SMP asal Kroya Kabupaten Cilacap, Kohar Mutalim (54), dan seorang pemandu arung jeram dari the Pikas, Ahmad Prihartoro (25).

Rombongan SMP Kroya berlibur dengan kegiatan arung jeram berjumlah lebih dari 50 orang. Mereka mengarung dari Desa Prigi Kecamatan Sigaluh dengan menggunakan sembilan perahu karet sekitar pukul 11.00. Musibah terbalik, merupakan perahu terakhir dengan enam  tamu dengan seorang pemandu.  

Sungai Serayu sudah lebih satu dekade digunakan untuk wisata dan lomba bahkan menjadi arena kejuaraan nasional dan Australasia Rafting Championship 2010. Keamanan pengarungan sudah sesuai prosedur (adiseno)

         

Bersamaan dengan perahu terakhir juga terdapat perahu tim penyelamat, sesuai prosedur keamanan pengarungan sungai deras. Tim rescue segera memberikan bantuan dan seluruh korban berhasil ditarik keluar sungai, kecuali Kohar Mutalim. Ahmad Prihartoro, anggota tim rescue sempat berusaha mengangkatnya ke atas perahu. Namun akibat pusaran air yang kuat, justru Ahmad Prihartoro yang kemudian tejungkal ke air dan langsung hilang dihisap pusaran air.

Pencarian langsung dilakukan dengan mengerahkan seluruh personel yang ada. Setelah beberapa lama dilakukan pencarian, korban Kohar Mutalim ditemukan sudah berada di saluran air Desa Singamerta. Sedangkan korban Ahmad Prihartoro, ditemukan di pinggiran sungai Serayu. (ads/ republik)

FOTO UTAMA:

Sungai Serayu dan Sungai Progo digunakan untuk wisata dan lomba arung jeram hingga infrastruktur cukup baik. Tim Kazakhstan terbalik saat kompetisi Australasia Rafting Championship 2010 berhasil selamat walau tidak meraih podium(adiseno)

Similar Posts