ekspedisi mapagama UGM

YOGYAKARTA – 59 hari lagi menuju India. Empat mahasiswi yang tergabung dalam UGM International Expedition III “Peak of The Ancestor” memasuki latihan uji coba kedua. Hampir setahun para atlet disiapkan untuk menghadapi Gunung Stok Kangri yang ada di India. Pada uji coba kali ini para atlet diharuskan mendaki 4 gunung (Sumbing-Sindoro-Merbabu-Merapi) sekaligus dalam waktu yang sudah ditentukan. Target capaian fisik menjadi sasaran utama untuk memenuhi salah satu syarat mendaki gunung di jajaran Pegunungan Himalaya tersebut.

Uji coba kedua ini dilaksanakan pada 27 Mei – 1 Juni 2016. Setiap hari, para atlet memerlukan waktu delapan  jam untuk mencapai puncak dan kembali ke basecamp pendakian. Hal tersebut dilakukan setiap hari dengan gunung dan tantangan yang berbeda.

ekspedisi mapagama UGM“Walaupun terdapat target yang tidak mudah untuk dicapai, namun proses ini menyenangkan dan menimbulkan optimisme bagi saya,” terang Yerent, Mahasiswi Program Vokasi Kepariwisataan angkatan 2015.


Hampir sama dengan rekannya, Chordya, Mahasiswi Fakultas Pertanian angkatan 2013 menyatakan kegiatan uji coba kedua ini merupakan pengalaman pertama, termasuk nanti ketika mendaki gunung es di Himalaya. Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai
target yang sudah ditentukan, sebab gunung yang akan didaki bukan tempat tropis seperti yang kita tinggali di Indonesia saat ini.

Pencapaian para atlet tidak lepas dari persiapan matang yang disiapkan sejak jauh hari. Manajemen yang baik, fisik yang prima, ditunjang dengan mental yang kokoh adalah kunci sukses uji coba ini untuk selangkah lebih maju menuju Himalaya. Terus menembus batas diri untuk menemui batas lain. Sebab yang paling utama dan mendasar dalam kegiatan alam bebas adalah kemampuan membaca kapasitas dan batas diri. (Muhammad Fadil/ fir)

Similar Posts