delia von rueti

JAKARTA – Keberadaan hutan hujan tropis semakin terancam. Setiap tahun, luasnya terus berkurang karena dialihfungiskan untuk kepentingan industri. Berawal dari keadaan inilah, seorang desainer asal Indonesia bernama Delia von Rueti merasa terpanggil untuk menjadi bagian dari perubahan melestarikan lingkungan. Delia menggagas gerakan “Love & O2” dengan tujuan untuk meningkatkan kecintaan manusia kepada bumi yang ditinggali, khususnya hutan hujan tropis.

Di dalam gerakan ini, Delia mendonasikan lahan pribadi miliknya seluas 2.500 hektar untuk dijadikan Taman Hutan Hujan Tropis. Lahan seluas itu diharapkan akan menjadi percontohan bagi orang lain yang ingin melakukan hal serupa. Lahan tersebut berada di daerah Muara Taweh, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, berjarak 7km dari bandar udara Beringin. Nantinya, taman ini bisa diakses oleh umum untuk kepentingan pendidikan konservasi.

delia von rueti
Contoh desain T-shirt yang ditawarkan Love and O2

Demi mewujudkan mimpinya, Delia mengajak semua orang berpartisipasi dalam gerakan ini dengan cara membeli kaos bergambar rancangan Delia sendiri. Nantinya, hasil penjualan kaos berharga Rp100.000,-  itu akan digunakan untuk perawatan lahan Taman Hutan Hujan Tropis yang dihibahkan oleh Delia. Selain itu, dengan membeli kaos tersebut diharapkan bahwa orang lain jadi bertanya dan pada saat itu kepedulian terhadap Hutan Hujan Tropis dapat desebarluaskan. Kaos dapat dibeli melalui laman Website, Facebook, InstagramLove and O2atau melalui tempat penjualan resminya di Plaza Indonesia.

Mimpi Delia yang lain, jika nanti ternyata hasil penjualan kaos ini banyak, ia ingin membeli lahan di Jawa, bahkan di Jakarta untuk dijadikan lahan konservasi yang bisa diakses oleh banyak orang. Tapi, partisipasi gerakan ini tidak hanya sebatas membeli kaos rancangan Delia, tetapi dapat juga dilakukan dengan cara menanam pohon di halaman rumah dan merawatnya. Sebab, yang ingin ditekankan oleh Delia adalah pentingnya keberadaan Hutan Hujan Tropis dengan pohon sebagai pilarnya untuk keberlangsungan kehidupan. Sebab dari sanalah syarat keberlangsungan kehidupan dihasilkan: oksigen. (firman arif)

Foto utama: Delia von Rueti (tengah) saat mempromosikan produk Love and O2 (sumber: Koran sindo)

Similar Posts