jambore panjat tebing fpti

BANDAR LAMPUNG – Jambore Panjat Tebing FPTI tengah berlangsung di Pesawaran, Lampung. Diselenggarakan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang lebih dikenal dengan lomba di dinding buatan. Olahraga panjat tebing berasal dari kegiatan rekreasi di tebing alam.

jambore panjat tebing fpti
Latihan panjat kepada peserta dilaksanakan dengan sistem top rope. (dok. Iking)

Penyelenggara jambore mendapat dukungan dari Korps Marinir di Lampung dan dilaksanakan Pengurus FPTI Provinsi Lampung. Upacara pembukaan pun disertai parade kolone senapan.

Para peserta berdatangan sejak Jumat, 11 November. Mereka mendapatkan fasilitas  tenda peleton Marinir. Jalur jalur panjat dengan pengaman jangkar atas atau top rope tersedia dalam jumlah banyak. Selain mencoba jalur jalur panjat di tebing alam, juga dipertunjukan vertical rescue atau penyelamatan korban di tebing.

Peserta jambore mencapai 100lebih, dari Jakarta dan perwakilan provinsi FPTI lainnya. Kebanyakan peserta berasal dari Sumatera, sebagaimana dilaporkan Iking kepada OCI (outdoorcafeindonesia.com). Jambore ditutup pada Minggu, 13 November. (ads – Iking menyumbangkan laporan)

Foto utama: Tebing vertikal yang memanjang menyediakan jalur dalam jumlah banyak bagi peserta jambore panjat tebing FPTI (dok. Iking)

Similar Posts