Tour de Barelang

JAKARTA – Pesepeda Indonesia berhasil mencapai urutan ketiga dalam Tour de Barelang (TDB). Pesepeda bernama Ragil Yulianto tersebut masuk urutan ketiga dalam kategori kecepatan 15km/jam dengan catatan waktu 3:21:24,44. Catatan waktu yang diklaim Ragil berbeda belasan detik dengan pesepeda Inggris yang berhasil menempati urutan pertama dan kedua. Prestasi yang diraih Ragil merupakan pencapaian tersendiri. Pasalnya, TDB lebih sering dijuarai oleh pesepeda dari negara asing.

Tour de BarelangTahun ini menjadi tahun keempat penyelenggaraan Tour de Barelang atau dikenal juga sebagai Batam Six Bridges. TDB diikuti oleh lebih dari 200 pebalap sepeda yang berasal dari 23 negara. Tour de Barelang terdiri dari dua jenis kegiatan, yakni race dan gran fondo. Untuk kategori race, TDB membuka kategori kecepatan 40km/jam, 30km/jam, 20km/jam, 15km/jam, dan kategori perempuan.

Untuk kategori 15km/jam dan kegiatan gran fondo, balapan dimulai dari Alun-alun Engku Putri menuju Simpang Kepri Mall, dilanjutkan ke Jembatan Satu hingga Enam, dan kembali ke Jembatan Satu. Selain Ragil, pesepeda Indonesia lainnya, Dareck Wilson juga berhasil menempati urutan kedua untuk gran fondo. Catatan waktu Dereck adalah 03:31:04,09. Menurut Yusfa Hendri, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, gran fondo adalah kegiatan yang lebih fun dibanding race. Gran fondo diikuti 109 peserta dari 18 negara.

“Panitia menggunakan raceresult.com untuk sistem perhitungan waktu., dan hasil pemenang bisa dilihat langsung,” ungkap Yusfa. (uli/sumber: antaranews.com)

Similar Posts