Asian Continental Championship

JAKARTA – Pemanjat putra Indonesia berhasil meraih medali emas dan perak dalam Asian Continental Championship. Medali emas dan perak diperoleh Fajri Ashari dan Tonny Mamiri dalam nomor speed. Sedangkan pemanjat putri Indonesia, Mudji Mulyani dan Tita Supita, meraih medali perak dan perunggu, juga pada nomor speed.

Fajri Ashari mencatatkan waktu 6.50 detik untuk mencapai top point pada lintasan setinggi 15 meter. Catatan waktu tersebut lebih cepat 0.29 detik dari Tonny Mamiri yang menghabiskan 6.79 detik. Pemanjat Mudji Mulyani mencatatkan waktu 9.38 detik, kalah tipis dari Cuilian He asal Tiongkok yang 9.32 detik.  Tita Supita, yang pada 2015 lalu menempati posisi pertama dalam nomor speed, tahun ini menempati posisi ketiga dalam nomor speed dengan catatan waktu 9.26 detik. Untuk nomor lead dan bouldering, tim Indonesia baru berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar.

Asian Continental Championship merupakan kejuaraan resmi yang diinisiasi oleh International Federation Sport Climbing (IFSC). Event berlangsung sejak 3 hingga 6 Agustus di Duyun, Tiongkok dan membuka tiga nomor yang dilombakan, yakni lead, bouldering, dan speed. Masing-masing untuk putra (men) dan putri (women). Negara yang mengikuti kejuaraan yang ke-24 kalinya diselenggarakan ini antara lain Tiongkok, Jepang, Korea, Singapura, Iran, Kazakhstan, Taiwan, dan Hongkong. Pada 2016, pemanjat yang masuk peringkat teratas pada tiap nomor didominasi negara Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Berikut hasil lomba pada hari terakhir kejuaraan (6/8).

Men Lead   Women Lead
1. Keiichiro Korenaga, Jepang   1. Akiyo Noguchi, Jepang
2. Pan Yufei, China   2. Lamu Renqing
3. Taito Nakagami, Jepang    3. Jain Kim, Korea

 

Men Bouldering   Women Bouldering
1. Yoshiyuki Ogata, Jepang   1. Akiyo Noguchi, Jepang
2. Tomoa Narasaki, Jepang   2. Aya Onoe, Jepang
3. Jongwon Chon, Korea    3. Hung Ying Lee, Taiwan

 

Men Speed   Women Speed
1.Fajri Ashari, Indonesia   1. Cuilian He, Tiongkok
2. Tonny Mamiri, Indonesia   2. Mulyani Mudji, Indonesia
3. ZhiYog Ou, China    3. Supita Tita, Indonesia

(uli/ sumber ifsc-climbing.org)

Similar Posts