JAKARTA – Gunung Penanggungan, Mojokerto, Jawa Timur diusulkan jadi Cagar Budaya Nasional. Hal ini dilakukan karena nilai sejarah situs yang terkandung di dalamnya tidak hanya mencakup unsur Kabupaten Mojokerto atau Provinsi Jawa Timur saja. Wacana peningkatan status kawasan gunung pawitra tersebut karena nilai sejarah tinggi di dalam kawasannya. Gunung Penanggungan berhubungan langsung dengan sejarah Indonesia Kuno.

“Ini setelah adanya pembahasan bersama stake holder lainnya. Dasar usulan karena nilai sejarah situs yang terkandung di dalamnya sudah bukan lagi mencakup unsur Kabupaten Mojokerto atau provinsi Jawa Timur saja,” ungkap Andi Mohammad Said, Kepala Balai Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan.

gunung penanggungan
Candi Siwa, salah satu situs di Gunung Penanggungan (news.liputan6.com)

Saat ini, status Gunung Penanggungan adalah Cagar Budaya tingkat provinsi. Namun, saat ini ditemukan ratusan situs sebagai peninggalan masa lalu Indonesia yang kaya. Salah satunya yang tidak dapat ditemukan di tempat lain adalah jalur kuda yang melingkar dari kaki hingga puncak. Sementara itu, ratusan situs lain masih terus diteliti oleh para arkeolog.

Hal yang paling menguatkan perlunya peningkatan status Gunung Penanggungan adalah secara keseluruhan wilayahnya mengandung unsur situs. Sehingga, peningkatan status adalah upaya untuk melindungi wilayah ini dari potensi kerusakan oleh manusia. (fir/ sumber: beritajatim.com)

Similar Posts