JAKARTA – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) telah buka kembali. Kawasan pendakian menuju Puncak Gunung Gede dan Pangrango buka sejak memasuki bulan April 2016. Pembukaan pendakian dilakukan menyusul kondisi cuaca yang sudah cenderung lebih stabil dan kawasan yang telah pulih. Selain itu, ketersediaan air di Alun-alun Surya Kencana dan Lembah Mandalawangi juga menjadi pertimbangan dibukanya kembali jalur pendakian. Sebelumnya, dua tempat ini kering tanpa air menyusul kekeringan hebat hingga akhir 2015 lalu.

gunung-gede-pangrango-_130109133140-146“Selamat pagi para pendaki.. selamat mendaki.. utamakan keselamatan.. bukan kecepatan.” Tulis akun resmi TNGGP di dalam akun twitternya tertanggal 3 April 2016.

Pada akhir 2015 lalu, sejumlah Taman Nasional yang memiliki gunung menutup kawasannya karena memasuki awal musim hujan yang memiliki angin kencang dan hujan lebat. Selain alasan cuaca, penutupan biasanya dilakukan demi alasan pemulihan jalur pendakian. Konservasi satwa juga menjadi pertimbangan. Artinya, agar mereka dapat hidup tanpa kecemasan karena keberadaan manusia. Sehingga keberlangsungan hidupnya terjamin.

Memasuki bulan April yang cuacanya lebih stabil, banyak Taman Nasional kembali membuka kawasannya. Bukan hanya Gede Pangrango, Taman Nasional Gunung Rinjani juga telah membuka kawasannya terhitung bulan April 2016 diawali dengan acara sapu gunung sejak tanggal 1 April hingga 6 April 2016. (fir)

Similar Posts