Federasi Panjat Tebing Difabel Indonesia

JAKARTA – Para penyandang difabel tidak akan kesulitan lagi untuk mencari tempat berkumpul dan berkegiatan. Sebuah surat keputusan dikeluarkan oleh Kementrian Hukum dan HAM bernomor AHU-0068268.AH.01.07.TAHUN 2016 mengesahkan sebuah perkumpulan yang dikhususkan bagi penyandang difabel. Perkumpulan Federasi Panjat Tebing Difabel Indonesia atau FPTDI.

Federasi Panjat Tebing Difabel Indonesia
Surat keputusan pengesahan FPTDI

Dengan adanya surat bertanggal 22 Juli 2016 ini, maka kegiatan para difabel resmi memiliki sebuah payung yang menaungi mereka. Salah satu tokoh penyandang difabel yang dikenal di khalayak luas Indonesia adalah Sabar Gorky. Masyarakat tahu kisah petualangannya mendaki ke gunung-gunung tinggi di penjuru dunia. Juga tentang keberhasilannya mengikuti perlombaan panjat tebing yang dikhususkan bagi para difabel.

Atas perjuangan Sabar, ia menempatkan difabel berdiri sama tinggi dengan lapisan masyarakat lain, Sabar mendapat kesempatan untuk menjadi pengurus di dalam FPTDI sebagai ketua bersama Chandra Kusuma Prabawa, Muhammad Fikri sebagai sekretaris, dan Ikhtiar Nur Syahid sebagai bendahara. Kepengurusan FPTDI akan bertempat di Surakarta. Namun hingga sekarang, belum ada langkah lebih lanjut soal bagaimana nanti perkumpulan ini berjalan.

Satu hal yang pasti, kesempatan sudah terbuka lebar bagi para penyandang difabel. Hal ini menandakan bahwa semua orang berhak memiliki kesempatan yang sama untuk berkumpul, melakukan sesuatu, dan berkarya demi kehidupan yang lebih baik. (fir)

Similar Posts