gunung kerinci via solok selatan

JAKARTA – Fasilitas jalur pendakian Gunung Kerinci melalui Kabupaten Solok Selatan rencananya akan dibangun. Rencana pembangunan ini disampaikan Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), M. Arief Toengkagie pada Selasa (16/8). Menurut Arief, pembangunan fasilitas seperti shelter, jalur evakuasi, atau fasilitas pendukung lainnya akan berlangsung pada 2017.

Arief juga menyampaikan untuk memberikan kenyamanan bagi pendaki, pembangunan fasilitas pendakian yang berada di luar kawasan TNKS juga akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. “Kalau di wialayah saya, saya yang bangun, kalau di wilayah pemerintah daerah, pemerintah daerah yang bangun,” ujar Arief.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menyatakan pihaknya siap memenuhi persyaratan serta semua yang diperlukan agar jalur pendakian sesuai dengan anjuran Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Sepanjang ada yang bisa dibantu oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kami mohonkan bantuan, jika tidak akan kami alokasikan anggarannya,” tuturnya.

Meskipun pembangunan fasilitas jalur pendakian baru akan direncanakan tahun depan, pengenalan jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan telah berlangsung. Jalur yang dibuat oleh Sekretariat Bersama (Sekber) Pencinta Alam Solok Selatan ini kini menunggu untuk disahkan sebagai jalur resmi oleh Balai Besar TNKS. Arief menyatakan dari rute yang telah dibuat itu akan dicari rute yang paling aman. “Tidak harus berlama-lama, tapi juga yang aman bagi pendaki.” Pasalnya, dari ‘uji coba’ jalur, jalur Solok Selatan masih perlu beberapa perbaikan. Jalur pendakian tergolong panjang dan jauh dari sumber air. Menanggapi hal ini, Koordinator Kelompok Pencinta Alam (KPA) Solok Selatan, Hendri, menyatakan pihaknya meminta maaf dan akan terus berbenah untuk perbaikan jalur. (uli/sumber: antarasumbar.com)

Similar Posts