Jakarta – Empat remaja lagi berhasil dikeluarkan tim penyelamat Goa Tham Luang pada Senin (9/7) petang. Rincian siapa diantara 12 remaja dan siapa empat remaja maupun pelatih mereka yang sudah keluar belum disampaikan pihak berwenang. Ke delapan penyitas saat ini masih dirawat di rumah sakit utama di Chiang Rai, Thailand.

Kabar bertambahnya jumlah penyitas  datang dari media yang mengamati pergerakan ambulans yang telah disiapkan masing-masing korban terjebak. Satu ambulans berpindah ke lapangan pendaratan helikopter dan proses transfer ke rumah sakit pun berlangsung. Awak media dan masyarakat yang menunggu di dekat rumah sakit pun melihat datangnya helikopter dan beberapa lama kemudian ambulans masuk. Sampai petang bertambah lagi tiga ambulans masuk ke rumah sakit.

Pihak pasukan khusus angkatan laut Thailand yang disebut media SEAL mengumumkan pada malam hari bahwa empat lagi remaja berhasil dievakuasi. Namun juga disampaikan bahwa proses evakuasi dihentikan sampai Selasa esok. Evakuasi kali ini berlangsung lebih cepat dua jam dari perkiraan.

(Infografis sumber www.keyt.com)

Proses Evakuasi.

(Infografis sumber www.bbcnews.com)

Jalur evakuasi mencapai panjang empat kilometer. Pada keterangan pers saat keberhasilan evakuasi pertama dijelaskan perkiraan waktu evakuasi 10 jam. Penyelamatan pertama berhasil lebih cepat dan kedua bertambah cepat.

Namun jalur evakuasi tetap memiliki ancaman lorong sempit yang diperkirakan hanya 40cm. Pada bagian ini tim penyelamat harus melepas tabung oksigen yang biasa dibawa pada bagian punggung. Proses penyelamatan dilakukan dua petugas untuk setiap penyitas. Salah satu petugas ini harus membantu membawa tabung  oksigen penyitas dan membantunya keluar dari lorong sempit.

Kini sudah delapan korban yang berhasil dikeluarkan. Masih tersisa empat korban lagi dan pelatih mereka. Harapannya pada Selasa (10/7) semua korban dapat dievakuasi dan proses penyembuhan serta memulangkan mereka ke keluarga dapat segera dilangsungkan. (ads/berbagai sumber)

Foto Utama:

Ambulans disiapkan untuk masing-masing 13korban terjebak. Evakuasi dipersiapkan untuk mengangkut korban dengan helikopter ke rumah sakit utama Chiang Rai. (dok. ABC News)

Similar Posts