Jakarta – Empat anak berhasil dibawa keluar pada Minggu (8/7) petang pukul 17:40 waktu setempat. Keempatnya dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan. Pemanduan keluar dilakukan oleh dua penyelamat untuk masing- masing penyitas.  Operasi pemanduan keluar melalui lorong sempit dan terendam air dihentikan 10jam untuk memasok oksigen.

Awalnya diberitakan enam berhasil dikeluarkan. Namun Gubernur provinsi utara Thailand mengkoreksi informasinya menjadi empat dan dikabarkan  mereka dalam kondisi sehat. Dalam keterangannya Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, menyatakan operasi  berlangsung sepuluh menit lebih cepat dari saat uji coba. Mereka yang dikeluarkan awal adalah yang terlemah.

90 penyelam penyelamat bekerja dalam operasi pemanduan keluar para penyitas.  50 diantaranya dari luar negeri dan merupakan kumpulan para ahli penyelaman goa dunia. 40 lainnya dari Thailand.  Para penyitas mengenakan masker selam yang menutup seluruh muka.  Pelaksanaan pada hari Minggu memanfaatkan jeda cuaca dan lebih cepat dari rencana awal.  Ijin dari pihak keluarga sudah diberikan untuk melaksanakan operasi evakuasi.

Menurut pakar penyelaman dalam aktivitas penyelaman pemandu ini jika terjadi masalah maka akibatnya sangat parah. Bisa semua yang terlibat celaka. Proses evakuasi mencakup jalan, selam, berjalan dalam air, memanjat dengan tali penunjuk jalan terpasang. Para penyitas tidak membawa tabung oksigen mereka sendiri, melainkan dibawakan oleh kedua pemandunya. Para penyitas yang sudah keluar jalan sendiri pada bagian akhir dari evakuasi.

Evakuasi lanjut direncanakan pada Senin (9/7) ini. (ads/berbagai sumber)

Foto Utama:

Tim penyelamat sedang mempersiapkan evakuasi yang berhasil mengeluarkan empat penyitas pada Minggu (8/7) petang (NDTV.com/AFP)

Similar Posts