JAKARTA –Minggu (27/3) lalu, Leonardo DiCaprio dan beberapa aktor Hollywood datang ke Taman Nasional Gunung Leuser yang berada di Aceh Tenggara. Dua hari setelahnya, media di Indonesia ramai-ramai memberitakan perihal kedatangan peraih Piala Oscar ini. Hingga Kamis (31/3), kedatangan Leo nampaknya menjadi domino pertama yang memicu domino lain berjatuhan. Kampanye menyelamatkan Ekosistem Leuser menjadi viral hinga muncul petisi dari anak negeri yang menginginkan pemerintah juga peduli mengenai hal ini dan membuat kebijakan demi keselamatan Ekosistem Leuser.

Dahlan M. Isa adalah orang yang memulai petisi di situs Change.org—situs untuk menyatakan aspirasi yang dapat ditandatangani oleh setiap orang yang berselancar di dunia maya. Isi petisi berisi mengenai aspirasi perbaikan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik daerah maupun pusat. Pasalnya, keberadaan Ekosistem Leuser sangat terancam oleh pengembang setelah Pemerintah Daerah Aceh mengeluarkan Qanun (undang-undang pidana otonomi daerah Aceh) yang menyatakan bahkan Kawasan Ekosistem Leuser tidak masuk dalam Kawasan Strategis Nasional.

“Stand with @haka_sumatra to #SaveLeuserEcosystem” cuit Leo dalam akun twitternya tertanggal 29 Maret 2016. Tagar #SaveLeuserEcosystem ini segera direspon dan menjadi viral di twitter. Cuitan ini akhirnya membuka banyak perhatian tertuju pada Ekosistem Leuser yang sedang terancam itu. Hingga berita ini ditulis, tuit Leo sudah di Re-tweet sebanyak 6.793 kali dan disukai sebanyak 17.780 kali, serta petisi yang dimulai oleh Dahlan M. Isa telah ditandatangani oleh 46.239 orang dari total target 50.000 orang.

Tanggapan Tweet LeoBukan hal biasa mencurahkan perhatian serius pada Kawasan Ekosistem Leuser. Di sanalah satu-satunya tempat di muka bumi di mana Gajah, Badak, Orangutan Sumatra, dan Harimau Sumatra dapat ditemui hidup dalam satu habitat. Mengalihkan fungsi habitat mereka menjadi daerah tambang dan menebang habis pohonnya digantikan tanaman homogen berarti mengancam keberadaan mereka. Bukan hanya itu, masyarakat Aceh juga menggantungkan hidupnya pada Kawasan Ekosistem Leuser, terutama soal persediaan air. mengabiskan hutan Leuser dapat berarti pula mengancam kehidupan manusianya. Maka sudah sepatutnya semakin banyak domino kepedulian berjatuhan dan bergerak cepat melawan kepunahan dengan Leonardo DiCaprio dan kawan-kawan lain. (fir)

Similar Posts