ecobricks

JAKARTA – Inovasi untuk mengurangi sampah plastik terus dilakukan. Salah satunya oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta. Produk yang dihasilkan dari daur ulang plastik pun cukup unik, yakni berupa ‘batu bata’ ramah lingkungan.

EcobricksMenurut Kepala Sub Bidang Daur Ulang Sampah BLH Kota Yogyakarta, Faizah, hal ini untuk membantu mengurangi volume sampah di Jogja. Menurutnya, total sampah plastik yang dihasilkan Kota Yogyakarta mencapai 14% dari total 240 ton per hari.

Program ecobricks yang diperkenalkan oleh Russell Maier dan Ani Himawati sudah disosialisasikan ke masyarakat Jogja sejak Maret 2016. Program yang dilkukan bersama Jejaring Pengelola Sampah Mandiri dan warga kini telah menghasikan 6.000 ecobricks. ‘Batu bata’ ramah lingkungan ini  dibuat dengan cara memadatkan sampah plastik yang sudah bersih dan kering ke dalam botol plastik. Botol plastik berukuran 600 mililiter dapat diisi dengan 250 gram sampah plastik atau setara dengan 2.500 lembar plastik bungkus mi instan.

Ecobricks dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan, misal meja atau kursi hingga alat permainan edukatif bagi anak. “Tinggal ditempel menggunakan lem silicon menjadi bentuk yang diinginkan. Pembuatannya sangat mudah, seharusnya seluruh masyarakat bisa membuatnya,” tutur Faizah pada Rabu (1/6). (uli/sumber: antaranews)

 

Similar Posts