JAKARTA – Gerhana matahari akan melintasi wilayah Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016. Total ada 12 wilayah yang akan dapat melihat gerhana matahari total, antara lain Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Jambi bagian selatan, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Sementara daerah lain akan dapat melihat gerhana matahari sebagian.

gerhana matahariUntuk memastikan apakah dapat melihat gerhana matahari secara optimal atau tidak, Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbagangan Nasional Thomas Djamaludin menyarankan untuk melihat perkiraan cuaca selama 1-3 hari ke belakang. Menurutnya, perkiraan cuaca selama 1-3 hari cukup akurat untuk dijadikan sebagai acuan kesuksesan melihat gerhana matahari. Menurut Thomas, saat ini sangat mudah untuk mengakses perkiraan cuaca. Misalnya dengan melihat situs Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika.

“Laporan prakiraan cuacanya cukup lengkap.” Ujar Thomas.

Sementara wilayah lain seperti Jakarta akan melihat gerhana matahari sebagian. Sekitar 88 persen wilayah matahari akan tertutup bulan dan dapat dilihat dari Jakarta. Peristiwa ini dapat diamati sejak pukul 6.19 dan mencapai puncaknya pada pukul 7.21. Tapi berdasarkan perkiraan cuaca selama seminggu ke depan, langit Jakarta akan dihinggapi awan dan hujan dengan intensitas sedang. Selain gedung-gedung pencakar langit, prakiraan cuaca ini juga tantangan bagi warga Jakarta melihat peristiwa langka ini. (fir/ sumber: tempo.co)

Similar Posts