Jakarta  – Sembilan asesor pemandu wisata gunung dibawah Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) berhasil lulus pada 10 April lalu. Selain dari APGI juga asesor pemandu wisata gua, arung jeram, experential learning bertambah melalui Pelatihan Asesor Kompetensi (Workplace Assesmen/WPA), yang berlangsung 5-10 April 2018 di Hotel Horison Bekasi.

Sasaran mendatangkan 20 juta wisatawan mancanagera (wisman) tahun 2019 berarti wisata alam di mana petualangan menjadi bagian bisa mencapai jumlah 6juta wisman. Melayani ini mengingat resiko kegiatan petualangan cukup tinggi, dibutuhkan peningkatan sumberdaya manusia (SDM). Peningkatan melalui SDM Pariwisata yang berkualitas kompetensinya dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Demikian disampaikan Wisnu Bawa Tarunajaya, Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan dalam sambutannya.

Para asesor yang akan bertugas menguji SDM Pariwisata Indonesia agar siap. Sejak berdiri tahun 2015 akhir APGI sudah mensertifikasi lebih dari 400pemandu gunung di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi Utara serta Sulawesi Selatan. (ads/rilis APGI)

Foto Utama:

Kesembilan asesor  pemandu wisata gunung anggota APGI yang berhasil lulus pada pelatihan asesor di Bekasi pada 5-10 April lalu. (dok. APGI)

Similar Posts