JAKARTA –Pukul 20.30 WIB malam (19/3) lampu di ikon-ikon kota besar padam hingga pukul 21.30. Itulah peringatan tahunan Earth Hour. Mulai dari Monas, Gedung Sate, hingga Simpang Tugu Jogja kompak mematikan lampu selama satu jam. Tujuan dari peringatan ini adalah mengurangi beban energi yang harus ditanggung bumi sehingga menyebabkan perubahan iklim.

Arti penting peringatan Earth Hour bagi kelangsungan hidup manusia adalah melakukan tindakan nyata untuk menghadapi perubahan iklim yang mengancam kehidupan. Selain itu, kegiatan yang pertama kali dilakukan di Sydney Australia ini juga menjadi pengingat bahwa bumi harus terus dijaga dengan bergaya hidup ramah lingkungan. Kampanye sejak 2007 ini dapat menghemat listrik hingga ratusan ribu kWh di setiap negara partisipan.

Earth Hour dilakukan dengan cara mematikan lampu dan segala peralatan elektronik yang ada di dalam rumah selama satu jam sejak pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat. Hanya satu jam setiap tahun. Satu jam yang begitu berarti bagi bumi, satu jam yang berarti bagi kehidupan. (fir)

Similar Posts