adam ondra

JAKARTA – Dawn Wall di Yosemite adalah jalur panjat yang baru pecah dengan cara  free climb (panjat bebas) pada awal 2015. Adam Ondra, menyelesaikan Dawn Wall dengan panjat bebas dalam delapan hari. Jalur yang panjangnya hampir satu kilometer ini dipanjat hanya dengan tangan, jari, kaki. Pengaman digunakan hanya untuk menjaga terjatuh saja.

free climb yosemite
Foto Adam Ondra di instragram setelah menyelesaikan bagian tersulit di Dawn Wall (Instragram Black Diamond)

Adam Ondra, 23 tahun, dari Ceko dua kali juara sport climbing pada World Championship. Lebih dikenal sebagai pemanjat olahraga di mana tingkat kesulitan tinggi diimbangi dengan sudah terpasangnya pengaman. Dawn Wall. Salah satu bagian di Dawn Wall memiliki tingkat kesulitan 5.14a yang merupakan tingkat yang dipakai pada final lomba sport climbing. Bedanya, di sini tingginya ratusan meter dari permukaan tanah.

Jalur ini di panjat bebas sebelumnya oleh Tommy Caldwell dan Kevin Jorgensen, pemanjat Amerika Serikat. Mereka menyelesaikan jalurnya dalam 19hari.

Adam Ondra baru pertama ke Yosemite, dan ia menghabiskan beberapa waktu melatih diri pada bagian sulit di jalur Dawn Wall. Resmi mulai pemanjatan bebasnya pada 14 November lalu. Senin, 22 November, Ondra berhasil mencapai bagian yang disebut Wino Tower di mana seluruh kesulitan jalur sudah terlewati. Senin itu, Adam Ondra berhasil menyelesaikan pemanjatannya. “Sulit mengutarakan perasaan saya,” tulisnya di Instragram. (ads/associated press)

Foro utama: Adam Ondra pemanjat Ceko panjat bebas Dawn Wall dalam delapan hari (sumber: outside magazine)

 

Similar Posts