Jakarta –  Goa Tham Luang sampai hari ini masih menyimpan ke-12 remaja pesepak bola Thailand. Goa di provinsi utara Chiang Rai, Thailand, sejak Sabtu (25/6) ramai diberitakan karena lorongnya tertutup banjir sampai siang ini. Para penyelamat sejak Minggu yang berasal dari berbagai instansi pemerintah, militer AS, relawan SAR gua dan profesional penyelam goa belum berhasil.

Peta Lokasi Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand (sumber New York Times)

Pompa air yang dipakai untuk menguras kolam agar permukaan turun, tidak berhasil. Bahkan permukaan makin naik akibat cuaca hujan. Para keluarga berkumpul menanti hasil pencarian sekaligus berdoa dengan pimpinan bhiksu.

Bahkan New York Times edisi Kamis (29/6) melaporkan Ruesi Maneechote Sivarthep petapa datang dari jarak 800km untuk meminta bantuan makhluk halus agar “melepas” para korban. Juga ada dukun dari masyarakat lokal, suku Lahu, Jakkha Seanlaung, menyembelih ayam dan meletakan kepalanya di kuil bambu bersama dengan urang receh, beras, teh, tembakai dan minuman ringan.

Tham Luang merupakan jaringan luas yang disebutkan mencapai 10km. Terdiri dari lorong dan ruangan ruangan. Lorong akan terendam air saat banjir.Papan pengumuman dipasang di mulut goa menjelaskan kemungkinan banjirnya lorong. Pada musim hujan yang biasanya Juli diumumkan tidak aman untuk masuk goa. Korban tersesat berasal dari kota Chiang Rai yang dekat dengan mulut goa. Mereka sudah beberapa kali sebelumnya mengunjungi goa.

Harian The New York Times, melaporkan berdasarkan penuturan Vernon Unsworth, penelusur goa asal Britania yang sudah enam tahun mengeksplorasi Tham Luang. Unsworth menjelaskan dari pintu masuk terdapat lorong sejauh tiga kilometer lebih dan kompleks lorong terbagi dalam dua arah. Satu arah mencapai satu setengah kilometer dan yang lainnya enam kilometer.

Denah lorong Goa Tham Luang (diolah dari infografis bankokpost.com)

Udara di dalam goa tipis, ungkap Unsworth. Namun pada lokasi ruangan besar tersedia oksigen cukup. Para pencari berharap korban tersesat bisa mencapai ruangan besar dan bertahan hingga ditemukan. (ads/berbagai sumber)

 

Foto Utama:

Proses pencarian tim penyelamat dari berbagai instansi berjumlah ratusan orang. (dok. Chiangmaitimes.com)

Similar Posts