wisata sulawesi tenggara

RAHA – Siapa yang tidak kenal Halong Bay di Vietnam. Bukit kapur  di tengah laut. Atau Pantai Phuket dan Krabi di Thailand. Wisata kawasan gamping di tepi laut yang mendunia. Jika Anda nasionalis, tentu menyebut Raja Ampat di Papua Barat.

Kabupaten Muna, tidak sejauh Raja Ampat bagi warga Indonesia Barat. Pasti tidak perlu paspor jika mau kesana karena di Sulawesi Tenggara. Dari Ibukota Raha, hanya 15 kilometer saja, satu jam berkendaraan, atau kurang dari itu menggunakan perahu mesin, ada miniatur pesisir yang setara dengan Halong Bay. Itulah Pantai Meleura.

wisata sulawesi tenggara
Banyak perahu nelayan tersedia. Pantai Meleura menarik untuk dieksplorasi dan cara termudah dengan perahu nelayan.

Deretan pantai karang terkikis gelombang dan ombak. Batu karang yang menyerupai bongkah bunga. Di sela-sela kadang terdapat hamparan sempit pasir putih. Pesisir yang memanjang sampai lebih 15km dari Raha. Kelebihan Meleura pantai nya sepi, belum banyak wisatawan yang memenuhinya.

Pantai Meleura masuk wilayah Kecamatan Lohia, Desa Lakarinta. Pedagang makan, kerajinan lokal ada disana.  Perahu nelayan juga banyak, kesempatan untuk disewa dan berkeliling menikmati tebing tebing kapur. (ads)

Foto utama: Pantai Meleura sudah dibangun sejak 2014 dengan akses jalan aspal dan dermaga yang dibangun untuk tujuan wisata. Awalnya adalah pelabuhan rakyat untuk penyebrangan ke pulau kecil dan ke Pulau Buton.

Similar Posts