runforiver

DEPOK – RunForiver lari di kampus Universitas Indonesia akan dilangsungkan September 2017. RunForiver dalam rangka Program Adopsi Sungai. Ini adalah pemberdayaan kembali Sungai Ciliwung. Bertujuan untuk merevitalisasi fungsi Ciliwung kepada fungsinya sedia kala.

Dalam program ini, sungai akan dibagi sesuai wilayah administrasinya hingga ke tingkat Rukun Warga. dan diberdayakan kembali sesuai dengan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar dengan pendampingan.

Program Adopsi Sungai ada beragam jenisnya. Dari penghijauan daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung, revitalisasi daerah aliran anak Sungai Ciliwung, pendampingan masyarakat, hingga pendidikan lingkungan hidup kepada masyarakat sekitar Ciliwung. Salah satu program adopsi sungai yang telah dijalankan adalah penanaman 900 pohon di hulu Sungai Ciliwung pada tahun 2013, dan pemberian bantuan 900 buku untuk Saung Pustaka Air Puncak dan Saung Pustaka Air Depok pada tahun 2014, dan pembuatan lubang biopori bekerja sama dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Indonesia pada tahun 2015.

Memasuki tahun keempatnya, progam Adopsi Sungai akan dilengkapi dengan website yang menjembatani masyarakat dan komunitas dengan aktivitas kampanye adopsi sungai. Selain itu, Mapala UI, dengan RunForiver-nya, juga akan ikut berpartisipasi untuk menyukseskan rangkaian acara Pesta Rakyat Ciliwung yang diadakan untuk merayakan Hari Ciliwung pada November 2017 mendatang. Let’s Run for River!

Registrasi sudah dibuka sejak 10 Juni hingga 20 August nanti. Kategori jarak: 5K, 10K, 21 K , dan trail run. Informasi lomba selengkapanya dapat mengakses http://runforiver.riveradoption.com,  atau kontak 081288459379 (Nisya)/ 085695329917 (Evi). (pr)

Similar Posts