Untuk memasyarakatkan kesadaran akan pentingnya konservasi lingkungan dan sumber daya alam, diadakan acara bertajuk Meru Betiri Service Camp (MBSC) pada 3 hingga 7 Februari 2017. Bertempat di Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).

Acara pendidikan untuk kader konservasi lingkungan ini akan diisi dengan materi beragam. Mulai dari materi tentang kehutanan secara umum dan pengenalan flora dan fauna unggulan TNMB, hingga materi yang lebih spesifik seperti penghitungan karbon, analisis air/ indikator biologi, ekowisata, serta jurnalistik dan advokasi lingkungan. Peserta juga akan diajak untuk melakukan pengamatan burung, observasi penyu, juga pelepasan tukik (bayi penyu).

Meru Betiri merupakan salah satu taman nasional yang berada di Jawa Timur. Taman nasional yang masuk dalam kawasan Kabupaten Banyuwangi dan Jember ini dikenal sebagai surga flora dan fauna bahkan sejak  penjajahan Belanda. Pantai Bandealit dan Teluk Hijau adalah beberapa objek wisata yang termasuk dalam kawasan TNBM.

Untuk mengikuti MBSC dikenakan biaya pendaftaran Rp400.000,- per peserta. Biaya sudah termasuk konsumsi selama acara, transportasi PP Jember-Sukamade, serta tiket masuk kawasan. Acara ini bisa diikuti oleh kelompok dan organisasi pencinta alam se-Indonesia, juga terbuka untuk umum. Pendaftaran akan dibuka hingga 26 Januari 2017. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 081216726648 atau mbscofficial@gmail.com. (uli)

konservasi meru betiri

Similar Posts