sapu jagad 2017

Dalam beberapa tahun ini perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh tiap 17 Agustus selalu dirayakan dengan aksi bersih-bersih gunung. Tahun ini pun ada 17 gunung yang jadi target acara bersih-bersih gunung yang bertajuk ‘Sapu Jagad’.

Sapu Jagad diinisiasi Trashbag Community, yang pada 2015 turut ‘membersihkan’ 15 gunung sebagai peringatan Hari Kemerdekaan RI. Ingin menyebarkan paham Gunung Bukan Tempat Sampah, komunitas ini rutin mengadakan aksi bersih gunung hampir di tiap bulan. Gunung yang ditargetkan dalam Sapu Jagad 2017 pun tersebar dari Pulau Sumatera hingga Sulawesi.

Di Sumatera diwakili oleh Gunung Talang di Sumatera Barat dan gunung tertingginya, Kerinci di Jambi. Di Pulau Jawa, aksi Sapu Jagad dilakukan di empat provinsi: Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Di Gunung Pulosari untuk Banten; Gunung Ciremai, Cikuray, dan Salak di Jawa Barat; Gunung Slamet, Sindoro, Merbabu, dan Lawu di Jawa Tengah; serta Gunung Penanggungan dan Welirang untuk area Jawa Timur.

Gunung tertinggi di Bali dan NTB, Agung dan Rinjani juga jadi lokasi Sapu Jagad. Sedangkan untuk wilayah timur Indonesia dilakukan di Gunung Niut di Kalimantan Barat, Gunung Nokilalaki di Sulawesi Tengah, dan Gunung Bawakaraeng di Sulawesi Selatan. Ketujuhbelasnya akan di-Sapu-Jagad mulai 17 hingga 20 Agustus nanti.

Pendaftaran akan dibuka pada 1 Mei mendatang. Informasi selengkapnya terkait Sapu Jagad dapat diikuti melalui akun Instagram @trashbagcomm. (uli)

Similar Posts