adam ondra

JAKARTA – Adam Ondra (23) pemanjat Ceko berhasil memanjat free climbing Dawn Wall, jalur dengan tingkat kesulitan 5.13c hingga 5.14d.  Dilakukannya dalam delapan hari dan mencapai puncak pada 21 November lalu. Adam Ondra memecahkan rekor sebelumnya oleh Tommy Caldwell dan Kevin Jorgensen yang memulai pemanjatan pada 27 Desember 2014 dan memuncak pada 14 Januari 2015.

Adam mengakui kepada majalah spesialis panjat Rock&Ice bahwa ia merasa teknik layback sangat menguras fisiknya. Dan tekniknya buruk, apalagi setelah ia terkuras. “Jika saya lebih fit akan membantu,” ujarnya.

Adam mengaku bahwa ia mengira memanjat di Dawn Wall akan mengandalkan kekuatan jari.  Padahal ketika bulan September di Paris, Adam Ondra dalam kondisi “super fit”. Ini tiga sampai empat minggu sebelum ia ke Yosemite. “Jadi saya mau memanfaatkan itu, seharusnya saya berlatih,” ujarnya kepada Hayden Carpenter dari Rock&Ice.

“Segala berbeda dari dugaan awal saya,” ungkapnya. Ia tadinya mengira panjat celah (crack climbing) yang menjadi masalah baginya. “Akan tetapi layback dan  face climbing (panjat sisi vertikal)  sangat berbeda dengan apa yang saya pernah lakukan.”

Berikut beberapa cuplikan wawancara Rock&Ice:

Apa pelajaran paling utama yang didapat selama perjalanan dan selama di Dawn Wall?

Saya belajar banyak hal. Mulai dari dasar pemanjatan big wall (pemanjatan multi pitch  atau melalui beberapa kali panjang tali) seperti cara jugging (meniti tali ke atas sering kali disebut jumaring) dan teknik keselamatan serta pemanjatan celah (crack) dan layback. Juga berbagai pendekatan mental yang berbeda untuk melakukan pemanjatan seperti ini. Saya belajar untuk memanjat lebih lamban dan lebih santai. Itulah kuncinya pada bagian bagian sulit. Cara saya yang biasa, yakni sederhana, agresif dan presisi yang saya manfaatkan dalam sport climbing tidak terpakai di Dawn Wall. Karena di Dawn Wall jika kita agresif dan presisi tidak akan berhasil. Kita harus santai dan presisi, sekaligus juga sangat fokus pada setiap momen, namun tidak boleh gelisah atau terlalu khawatir untuk terpeleset. Harus punya irama.

Minggu pertama (di Yosemite. Red) benar benar membuat saya tertunduk. Mengurangi rasa percaya diri saya menjadi minimum, baru kemudian saya perlahan lahan memperoleh kepercayaan diri. Saya tidak yakin apa saya telah belajar untuk lebih menghormati hal hal yang saya tidak ketahui dan baru buat saya seperti pemanjatan Dawn Wall. Pada saat yang sama, hal-hal baru dalam panjat tebing sangat menarik bagi saya dan selalu akan seperti itu. Pada akhirnya, saya sangat bangga dengan apa yang saya pelajari mengenai segala keterampilan yang dibutuhkan dalam big wall dan pemanjatan Dawn Wall.

adam ondra
Adam Ondra saat pemanjatan di Slovekia (sloclimbing.com)

Apa kesan menyeluruh mengenai Dawn Wall?

Sulit. Dan susah total (badass). Sangat konsisten dan gaya yang keras yang sangat spesial. Kebanyakan pitch (bagian pemanjatan sekitar satu tali 40meter.red) sangat mengasyikan, beberapa sangat klasik. Pitch yang tidak menyenangkan adalah panjat lintas (traverse) yang tersulit (crux) dengan pegangan yang tajam. Tetapi tetap saja unik. Ini tantangan yang menakjubkan dan saya tidak bisa membayangkan jalur pemanjatan lain yang setara.

Apa crux-nya bagi Anda?

Pitch 14 dan 15 (14d dan 14c). Pitch ini aman dan menggunakan bolt. Kesulitan yang sebenarnya adalah pegangan yang tajam pada  pitch tersebut. Mudah untuk terluka, begitu terluka sulit untuk memanjat dengan mengenakan plester.

Bagian sulit lain adalah Pitch 10 (14a, tetapi menurut saya 14b dan sangat berani) dan Pitch 16 (Loop pitch, 14a) karena sangat tidak meyakinkan dan sangat mudah terpleset setelah memanjat 40meter yang tentunya akan sangat mengerikan. Jika mau jujur, semua bagian yang 13c adalah sulit dan sangat sulit serta mudah untuk jatuh. Kebanyakan panjat vertikal di kawasan gamping klasik dengan tingkat kesulitan setara, terasa lebih mudah bagi saya.

Tetapi ini memang tidak bisa dibandingkan dengan rute rute lain di FJ atau Flatanger, karena mereka memang sangat berbeda. Jika kita tidak biasa, maka akan terasa ‘gila.’ Jika Anda sudah tahu bagaimana cara memanjatnya, sepatu apa yang digunakan dan keadaan seperti apa untuk melakukannya, maka tingkat kesulitannya terasa setara.

Apakah Anda akan kembali ke Yosemite?

Sudah pasti! Saya belum sempat menyelami seluruh pemanjatan Yosemite. Masih ada jalur lain di El Cap (El Capitan. Red) sendiri dan tidak ada yang akan menyatakan bahwa potensi free climbing di El Cap sudah tuntas lebar tebingnya satu mil (1,2km). (ads/ rock&ice.com)

Foto utama: Adam Ondra beraksi dalam sport climbing. (equipboard.com)

Similar Posts