tempat wisata di manado

MANADO – Kota di teluk dengan gunung pelindung. Di kaki pelindung teluk, Gunung Manado Tua, taman laut Bunaken. Menengok balik ke arah kota, terlihat gunung memagari. Mulai dari Gunung Lokon, Klabat, hingga Gunung Tumpa yang tingginya 750meter. Di celah-celahnya, dan di puncaknya arena petualangan kota Manado.

Sungai Nimanga hanya 40kilometer dari Kota Manado. Melalui kota perbukitan Tomohon, Desa Timbukar di tepi sungai. Dua operator bergiat di Sungai Nimanga. Pemandu-pemandu mereka berpengalaman, kami di pandu oleh Doli dan Hari yang lama menimba ilmu di sungai-sungai wisata arung jeram di Jawa. Pengarungan tidak lama, dalam dua jam bisa selesai, bahkan lebih pendek lagi juga mungkin. Terpanjang adalah 12kilometer.

tempat wisata di manado
Arung jeram di Sungai Nimanga, Desa Timbukar, sepanjang sembilan kilometer dapat diselesaikan dalam satu setengah jam. (adiseno)

Jika meneruskan pengarungan maka akan tiba di kawasan dengan tebing-tebing khas. Columnar basalt, begitu julukannya dalam bahasa Geologi. Tebing yang menyerupai tiang-tiang terdapat di Amurang. Jika mengikuti jalan provinsi maka pada kilometer 3 di Amurang, ambil jalan desa. Terdapat 36 jalur di tebing Amurang, dari jalur 5.9 sampai 5.11 tersedia. Pemandu panjat tebing yang membuka jalur bisa dikontak melalui biro wisata petualangan seperti Manado Adventure, atau seperti kami yang menggunakan jasa Denny Engka dari PT Berkat Carstensz Indonesia.

Para petualang Manado sekarang sedang giat paralayang. Terjun dari lereng gunung dengan parasut. Terbang tandem pun tersedia. Gunung Tumpa, di kecamatan Bunaken, hanya satu jam perjalanan. Lokasi ini  sudah menjadi arena kegiatan TROI yakni acara internasional paralayang yang diprakarsai Deputi 3 Kemenpora.

Selain panjat tebing dan arung jeram, soft adventure seperti pengamatan satwa monyet hitam, dan monyet terkecil di dunia, Tarsius,  juga dalam jarak perjalanan satu hari dari Manado. Taman Nasional Tangkoko. Mendaki gunung api, selain Gunung Klabat yang memagari Manado, juga ada yang ringan dalam beberapa jam saja yakni Mahawu. (adiseno)

Foto utama: Panjat tebing di Amurang sekitar dua setengah jam dari pusat kota Manado, merupakan tebing tiang basalt dan tersusun secara overhang. (adiseno)

Similar Posts