Arung jeram adalah olahraga yang memadukan petualangan dengan rekreasi. Meski tidak ada persyaratan khusus untuk melakukan olahraga ini, ada baiknya kita mengenal peralatan inti arung jeram.

  1. Perahu Karet (Inflatable Raft)

Perahu dibuat dari bahan karet sintetis dengan desain yang kuat tetapi tetap elastis. Hal ini dimaksudkan untuk menahan dari goresan dan benturan batu-batu sungai. Bentuk perahu karet m

encuat pada bagian depan. Tujuannya agar ombak dari depan tertahan tidak langsung mengenai badan perahu. Perahu terdiri dari beberapa bagian tabung udara yang terpisah agar saat terjadi kebocoran perahu masih bisa tetap mengapung. Ukuran panjang dan lebar perahu 2 berbanding 1 dengan kapasitas 4-6 orang.

  1. Pelampung /PFD (Personal Floating Device)/Life Jackets

Pelampung terbuat dari polyfoam yang di bungkus dengan bahan yang kedap air. US Coastal Guard memberikan anjuran bahwa pada setiap kegiatan arung jeram harus memakai pelampung tipe III, sehingga anda tidak perlu takut tenggelam karena pelampung tipe III ini memiliki daya apung yang tinggi, dihitung berdasarkan berat tubuh rata-rata saat berada di dalam air.

 

  1. Helm

Olahraga ini memiliki resiko berbenturan dengan bebatuan sungai sehingga diperlukan adanya pelindung kepala. Helm yang baik mempunyai sifat ringan, tahan air dan tidak mengganggu pandangan maupun gerakan.

  1. Dayung

Dayung memiliki tiga bagian, Pegangan, yang berbentuk huruf “T” atau yang sering disebut dengan T-Grip, gagang yang terbuat dari bahan aluminium serta Blade/bilah yang terbuat dari bahan fiber yang dilapisi oleh serat karbon sehingga sangat ringan dan kuat. Dayung yang dipergunakan oleh awak perahu, panjangnya berkisar antara 4,5–6kaki (1.4m-1.8m). Bahannya sebisa mungkin kuat namun tetap ringan, misalnya kayu mahogany dan kombinasi antar fiberglass dan aluminium.

Dibutuhkan ketangkasan dan kesigapan dalam melakukan olahraga arung jeram. Pakaian yang lentur dan sepatu yang ringan akan memudah pergerakan. Pengetahuan dasar mengenai peralatan arung jeram harus diketahui agar perjalanan menjadi lebih mudah. (sho)

 

Similar Posts