labengki sulawesi

JAKARTA – Pulau Labengki mirip kawasan Raja Ampat. Di sekitarnya terdapat bongkah bongkah bukit gamping yang menjulang dari permukaan laut. Pulau di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara ini belum memiliki fasilitas wisata setara Raja Ampat. Sebagai tujuan wisata Sulawesi Tenggara, Pulau Labengki dipasang zipline yang menyeberang antar pulau.

labengki di sulawesi
Zipline menyeberangi selat di Pulau Labengki Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. (dok. Edi Susilo)

Zipline merupakan kabel baja yang direntang dari ketinggian ke posisi yang lebih rendah untuk digunakan meluncur dengan bantuan katrol. Semacam conveyor belt dengan barang yang ditransportasikan menggantung. Dalam wisata petualangan zipline digunakan untuk meluncurkan wisatawan. Kawasan hiburan Singapura Pulau Sentosa memiliki zipline yang menyeberangi badan laut.

Mencapai Pulau Labengki dari ibukota Sulawesi Tenggara, membutuhkan berkendaraan ke Toli-Toli selama satu jam. Dari Toli-toli masih harus menggunakan kapal laut selama tiga jam. Penerbangan ke Kendari dari Jakarta  saat ini sudah ada setiap hari. Kebanyakan harus transit di Makassar, ibukota Sulawesi Selatan.

Aktivitas wisata di Pulau Labengki adalah menyelam, snorkling,  dan berkeliling pulau. Menyelam di dive sport Pulau Labengki dapat menyaksikan Kima  atau kerang raksasa. Konon Kima di Pulau Labengki adalah terbesar kedua di dunia. Memancing merupakan daya tarik Pulau Labengki. Ikan besar seperti Barakuda,Kerapu, Ikan Tuna Sirip Kuning, Kakap Merah atau Ikan Layar terdapat di Labengki. Pasir pantai putih juga diimbuhi pohon pohon kelapa, ideal untuk bakar ikan hasil tangkapan. Labengki dijuluki Raja Ampat nya Sulawesi. (ads/ berbagai sumber)

labengki di sulawesi

Foto utama: Kawasan wisata di Pulau Labengki yang dijuluki Raja Ampat Sulawesi. (dok. Edi Susilo)

Similar Posts