Jakarta – Memasuki akhir tahun, intensitas hujan semakin meningkat. Jangan sampai musim hujan mengganggu rencana liburanmu! Berikut beberapa destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi meski pada musim hujan :

  1. Curug Setawing

Bukit Menoreh Kabupaten Kulon Progo memang sarat pengunjung. Pesona keindahan alamnya menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan banyak orang. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Curug Setawing yang terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon progo.

Tebing curug Setawing berundak-undak dan melebar ke bawah. Curug Setawing merupakan jenis curug musiman yang mengalir pada musim penghujan saja. Jika sedang musim hujan, debit air yang tinggi akan membuat curug ini terlihat mempesona. Sedangkan saat musim panas, tidak terlihat air yang mengalir pada undakannya.

Akses menuju Curug Setawing tidak terlalu terjal. Namun tetap harus berhati-hati ya, karena jalanan menjadi licin saat musim hujan. Gunakan sendal atau sepatu dengan grip yang kuat.

 

 

  1. Puncak Bogor

Sebutan Kota Hujan memang pas untuk kota yang memiliki magnet pengunjung tersendiri ini. Wisata alam yang tersedia membuat Puncak Bogor menjadi tempat pelarian terbaik bagi warga yang ingin rehat dari penatnya hiruk pikuk perkotaan. Meski musim hujan, puncak bogor tak pernah kehabisan pengunjung.

Pasalnya, hamparan kebun teh yang dipadu dengan kabut tipis selepas hujan menjadi pemandangan yang begitu memikat. Udaranya yang segar dan airnya yang dingin seolah menjadi candu. Duduk santai menikmati secangkir teh hangat dengan pemandangan kota bogor dari ketinggian memang pas untuk dijadikan rencana liburan mu berikutnya.

  1. Pemandian air panas

Saat musim hujan, pantai ataupun sungai tentunya bukan pilihan yang cocok. Kamu tetap bisa berwisata air dengan menjadikan pemandian air panas sebagai pilihan.

Selain sebagai relaksasi, berendam air panas juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Berendam di kolam panas ditemani rintik hujan memang memiliki sensasi tersendiri. Tapi jangan terlalu lama, bisa-bisa setelah liburan kamu malah terkena flu. Pemandian air panas di Sentul, Bogor bisa jadi pilihan. Jika ingin lebih berpetualang pemandian air panas di kawah Gunung Papandayan, Garut.

Kamu tetap bisa mengunjungi wisata alam meski sedang musim hujan. Pastikan persiapanmu mantap sebelum mengunjungi wisata alam yang akan menjadi destinasi liburanmu.

foto : curug setawing (missrisna), Puncak Bogor (dok.Firman), pemandian air panas(dok.kompasiana)

foto utama : Dokumentasi Perjalanan Panjang BKP16 Mapala UI (dok.kukuh)

Similar Posts