menentukan tipe kaki

Menentukan jenis sepatu apa yang cocok digunakan untuk melakukan kegiatan luar ruang tentu banyak pertimbangan. Selain kualitas material, teknologi yang ditawarkan, serta harga, model sol sepatu pun jadi pertimbangan. Jika diperhatikan lebih detail, produsen-produsen sepatu telah memberikan keterangan tipe kaki maupun pronasi apa yang cocok menggunakan tiap produknya. Pronasi diartikan sebagai posisi kaki saat menapak. Untuk itu, perlu mengetahui tipe kaki sendiri.

Bertanya kepada ahli menjadi solusi yang paling baik untuk hal ini. Namun, ada acara mudah untuk memperkirakan tipe kaki yang kita miliki, yakni dengan melakukan ‘Wet Foot Test’.

Untuk tes ini, hanya dibutuhkan kertas kosong dan air dalam yang wadah yang muat untuk ukuran kaki. Pertama, rendam kaki sampai seluruh permukaan bawahnya basah. Lalu, letakkan permukaan yang basah di atas kertas kosong dan berdirilah menggunakan kaki tersebut. Setelah dirasa cukup, lepaskan kertas dari permukaan kaki dan lihat hasil jejak kaki Anda. Selanjutnya, cocokkan dengan gambar berikut:

menentukan tipe kaki
Tipe kaki dan pronasi-nya (upandrunning.co.uk).

a. Normal (Medium) Arch/ Mild Pronation

Jika setengah dari bagian luar tumit terlihat, Anda memiliki tipe kaki paling umum atau normal. Biasanya, tipe kaki ini mampu mendistribusikan beban tubuh ke seluruh permukaan kaki sehingga mendukung berat badan. Tipe kaki ini bisa menggunakan sepatu dengan jenis sol apapun.

b. Flat (Low) Arch/ Over Pronation

Untuk tipe ini, bagian luar tumit hingga bagian dalam tumit juga dapat terlihat atau membuat kontak dengan permukaan yang ditapaki. Bagian depan kaki, umumnya jempol dan jari kedua, cenderung dimanfaatkan untuk menstabilkan tubuh. Tipe kaki ini membutuhkan jenis control atau stability shoes.

c. High Arch (Under Pronation/ Supination)

Jika sisi luar tumit hanya sedikit terlihat atau tidak terlihat sama sekali maka termasuk dalam tipe high arch. Biasanya, beban bertumpu pada jari paling luar dari kaki. Tipe kaki ini membutuhkan sepatu yang memiliki neutral cushion.

Untuk tipe bantalan atau sol sepatu sendiri dapat dilihat dari packaging tiap produk maupun berkunjung ke situs produsen sepatu yang diinginkan. Selamat mencoba!

(uli/ runnersworld.com)

Similar Posts