strategi lomba sepeda

Lomba sepeda lintas alam MTB Enduro dikenal sebagai lomba sepeda yang berbeda. Lintasannya dinamis, jaraknya jauh. Jalan menurun berkelok atau kadang menanjak. Jaraknya bisa setara marathon bahkan lebih.

Persiapan bisa jadi strategi kunci. Di dalam perlombaan yang berbeda seperti MTB Enduro, maka persiapannya pun harus berbeda. Lain medan perang, lain pula strategi pertempurannya. Salah satu bagian dari persiapan itu adalah latihan. Tidak bisa sembarang dilakukan, latihan harus sesuai kebutuhan dan kemampuan. Berikut strategi berlatih MTB Enduro yang telah dirangkum di dalam website enduromtbtraining.com.

Ada empat prinsip untuk mengingkatkan performa saat berlatif MTB Enduro. Keempat hal tersebut tersusun di dalam piramida performa. Pada tahap pertama, lapisan piramida paling bawah yang harus ditingkatkan, yaitu bagian rebuild and restore. Tujuannya adalah membangun fondasi yang kuat dan stabil bagi tubuh saat berlomba. Bagian pertama pada lapisan paling bawah piramida performa ini dilakukan dengan cara menyusun menu latihan yang disesuaikan dengan kondisi tubuh saat itu serta harapannya akan mencapai kondisi sejauh mana.

Tahap kedua adalah bagian stabilize and mobilize. Artinya adalah mulai mencari mobilitas dan stabilitas. Karena lomba MTB Enduro Sangat dinamis, panjang dan lama, latihan ini diperlukan untuk menemukan gerakan yang efektif dan efisien. Sehingga mobilitas dan stabilitas selama perlombaan dapat optimal, sesuai yang dibutuhkan saat perlombaan.

Tahap ketiga yaitu peningkatan enduro strength. Peningkatan kekuatan dilakukan guna akses menuju daya tubuh. Tahapan ini tidak hanya menantang sistim otot, tetapi juga kekuatan keseimbangan, koordinasi, dan mendorong sistim syaraf menuju tingkatan lain. Kunci sukses yang akan difokuskan pada tahap ini adalah penguatan otot tendon. Tujuannya untuk mencegah cedera saat terjadi tabrakan atau benturan.

Tahap terkahir adalah pengingkatan power. Berada di puncak piramida performa, tahap ini menggabungkan antara tahap pertama hingga ketiga untuk mendapatkan satu tujuan, yakni kecepatan. Unsur penentu di dalam lomba beradu. Jika tahap keempat ini dilalui, maka tidak hanya sampai garis finish yang akan didapat, tetapi juga podium juara sebagai hadiah. (fir/ sumber:enduromtbtraining.com)

Similar Posts