Kathmandu – Dokter Nima Namgyal Sherpa, dokter ekspedisi yang pernah mendaki Everest (8.848m). Ia juga aktif sebagai pendidik keselamatan dan kesehatan pendakian. Pada pertemuan pemandu gunung dunia, 27-30 November 2017 di Kathmandu, Nepal, dokter Nima mempresentasikan upaya sehat dalam pendakian gunung tinggi.

Sesanti yang utama bagi pendaki maupun pejalan di ketinggian Himalaya adalah: Climb High Sleep Low. Ini sudah umum diketahui, dan dokter Nima menambahkan, Find Your Rhthm and Enjoy Your Walk.

Dalam berjalan berombongan kerap kali ada tekanan teman. Melihat teman lebih lambat atau lebih cepat, kita cenderung mengikuti. Padahal irama jalan sendiri paling tepat untuk diikuti agar tubuh menyesuaikan diri dengan ketinggian. Di ketinggian oksigen berkurang , suhu bertambah dingin dan tekanan udara rendah.

Beberapa resiko dalam pendakian adalah:

 Pendakian yang terlalu cepat

 Kelelahan fisik

 Dehidrasi

 Pernah mengalami sakit ketinggian

 Kecemasan di ketinggian

 Kesehatan fisik yang buruk

 Tekanan teman.

Pencegahannya:

 Jangan mendaki terlalu cepat

 Hemat tenaga

 Minum secukupnya

 Perhatikan tubuh mu sendiri

 Ketahui batasan mu

 Terlindung dari lingkungan (dingin, panas, angin kencang)

 Gunakan obat hanya jika perlu. (ads)

 

Foto Utama : Pegunungan Himalaya dimulai dari ketinggian rendah hingga 8.000meter. Proses aklimatisasi dibutuhkan untuk bisa melalui rute di pedesaan hingga ke batas salju dan es. (adiseno)

Similar Posts