Melakukan perjalanan, entah itu perjalanan seharian dengan ransel, ekspedisi selama berminggu-minggu, atau perjalanan antar benua dengan four-wheel-drive, selalu membutuhkan perencanaan. Rencana perjalanan harian mungkin tidak akan sedetail perjalanan ekspedisi yang memakan waktu cukup lama, tapi itu sama pentingnya. Memulai perjalanan dengan membuat perencanaan garis besar untuk perjalanan paling sederhana yang Anda lakukan seklaipun adalah hal yang baik.

Meminimalisir ‘Kemungkinan’

Merencanakan bukan berarti memastikan segala hal benar-benar terjadi sesuai perencanaan. Tidak ada cara untuk bisa merencanakan semua kejadian, terlalu banyak variabel. Namun, Anda bisa mencari tahu tentang potensi masalah dan resiko yang kemungkinan di temukan dalam perjalanan, dan melengkapi diri dengan pengetahuan dan/atau perlengkapan jika hal tersebut terjadi.

Enam “P”

Saat melakukan perencanaan perjalanan, coba untuk selalu ungkapan “Prior Planning and Preparation Prevents Poor Perfomance”. Riset menunjukan bahwa perjalanan yang dilakukan dengan waktu yang lebih lama dan lebih kompleks akan meminimalisir situasi survival. Tipe perjalanan ini biasanya lebih terorganisir dan potensi-potensi masalah telah diprediksi, sehingga bisa dihindari atau dicarikan mekanisme penyelesaiannya jika memang harus dihadapi. Memiliki pengetahuan yang baik tentang bagaimana harus menghadapi situasi yang terjadi, dan kemampuan menginterpretasi prinsip dasar survival akan membantu menyelesaikan masalah. Dalam berbagai keadaan survival, pengetahuan Anda dikombinasikan dnegan kemampuan berimprovisasi akan menentukan akan menjadi apa di situasi survival.

Prioritas Organisasional

Saat membuat perencanaan perjalanan, selalu mulai dengan hal yang paling penting, atau sering disebut show-stoppers. Biasanya, ini adalah hal-hal yang akan langsung menghentikan perjalanan jika tidak diorganisir lebih dulu.

Sebaiknya, Anda memulai merencanakan dengan mundur. Dimuai dari show-stoppers hingga ke detail-detail untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

TIM ANDA

Jika Anda melakukan perjalanan dalam sebuah grup, jangan lupa bahwa pergerakan grup akan menentukan kesuksesan atau apapun yang Anda harap dari suatu perjalanan. Situasi dengan tingkat stress yang tinggi atau situasi survival msalnya, dapat menarik sisi terbaik atau bahkan sisi terburuk dari orang-orang. Ketika merencanakan perjalanan panjang, usahakan untuk membuat rencana perjalanan yang lebih pendek sebagai bagian dari latihan. Ini bukan hanya akan membatu menentukan perlengkapan yang diperlukan tapi juga mengetahui kualitas antar teman seperjalanan.

 

TIM CAMPURAN

Faktor paling penting dari perjalanan yang melibatkan laki-laki dan perempuan adalah mengatur pembagian area atau pekerjaan yang dilakukan selama perjalanan. Area tidur, pekerjaan memasak dan mencuci harus dibuat detail sebelum perjalanan dilakukan.

Sedangkan anggota tim dengan usia yang berbeda-beda dapat berpengaruh pada pergerakan tim karena memiliki tingkat kebugaran yang berbeda . Usia anggota yang lebih tua memang akan lebih lambat dalamhal jarak, tapi mungkin lebih matang dalam hal pengalaman.

(uli/SUMBER: COLIN TOWELL The Survival Handbook DK Press)

 

Similar Posts