PERSIAPAN MELALUI LATIHAN

Melatih Diri

Dalam latihan, gandakan melatih hal-hal yang akan rencananya akan Anda lakukan dalam perjalanan Anda. Bangun  waktu latihan Anda secara perlahan, mulai dari minggu ke bulan dan perhitungkan poin-poin berikut dalam merencanakan latihan.

  • Lingkungan: Lakukan riset tentang cuaca yang akan Anda hadapi, mulai dari kondisi normal hingga kondisi terburuk.
  • Berat: Tingkatkan berat beban yang Anda bawa selama latihan. Selain membantu Anda terbiasa dengan beban, ini juga membantu Anda mengetahui apa saja yang sebenarnya Anda butuhkan di perjalanan.
  • Jarak: Jarak akan memberi indikasi apakah perjalanan Anda dapat dicapai langsung atau dilakukan secara berkelanjutan
  • Bahasa:  Mempelajari bahasa yang banyak digunakan di lokasi yang akan Anda singgahi akan mempermudah perjalanan. Anda bisa membawa translator elektronik atau buku panduan singkat bahasa setempat.

Berlatih dengan Alat

Berlatih menggunakan alat Anda sesering mungkin dan temukan cara paling baik untuk menggunakannya dalamdengan berlatih dalam kondisi sebenarnya (lihat kotak). Melakukan hal ini akan membuat Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan, serta memudahkan Anda mengetahui kemampuan alat dan diri Anda sendiri.

Mengoperasikan Alat dalam Kondisi Sebenarnya

 Ketika latihan dengan peralatan, selalu gunakan peralatan tersebut di ‘kondisi yang sesungguhnya’. Misalnya, jika menggunakan GPS pada lokasi bersuhu dingin, maka coba menggunakan sarung tangan yang akan digunakan pada kondisi tersebut. Jika membuat tenda, maka bawa semua komponen yang dibutuhkan, termasuk untuk keadaan hujan dan gelap.

(uli/SUMBER: COLIN TOWELL The Survival Handbook DK Press)

Similar Posts