memperbaiki jaket kedap air

Umumnya pada jaket dilapisi dengan kain sejenis yang ditempel. Sayangnya daya rekat berkurang dengan umur dan terlepas.

Jaket kedap air umumnya mahal. Berikut cara memperbaiki sambungan jaket dengan menggunakan seam seal tape agar kembali kedap air.

Bahan yang diperlukan adalah:

  1. Seam Seal Tape, dapat dibeli melalui layanan belanja online.
  2. Gunting
  3. Kain halus.
  4. Setrika listrik yang memiliki setting panas untuk bahan woll atau
  5. Meja datar/meja setrika.
  6. Helm motor.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN:

memperbaiki jaket kedap air

Tempat kerja yang terang. Kumpulkan semua bahan kerja dalam jangkauan. Meja datar untuk mendapatkan permukaan rata saat menempelkan seal tape.  Kain halus sebagai sekat antara bahan jaket dengan alat setrika yang panas agar tidak langsung mengena pada bahan maupun seal tape.

LANGKAH KERJA:

   
memperbaiki jaket kedap air  1. Bersihkan Permukaan

Pada bagian sambungan lepaskan kain pelapis jika masih tersisa. Bersihkan permukaan sambungan dari sisa-sisa perekat. Upayakan agar permukaan rata  agar seam seal tape dapat menempel tanpa rintangan gelembung udara. Gunakan sikat gigi bekas untuk membantu menghilangkan bekas perekat.

   
   
 memperbaiki jaket kedap air  2. Potong Seam Seal Tape

Potong lembar seam seal tape sesuai dengan ukuran bagian yang dapat rembes air. Logo produsen yang dibordir di kain jaket dapat menjadi sumber merembes air. Potong dalam ukuran agar seluruh permukaan dapat tertutup.

   
   
 memperbaiki jaket kedap air  3. Tempelkan bagian kasar

Susun potongan pada permukaan yang akan dilapisi. Pastikan seluruh permukaan telah tertutup. Ketika meletakkan lembar potongan pastikan bagian yang kasar, bagian mat yang menempel pada permukaan kain. Bagian licin berada di atas. Jika terpasang terbalik maka kain pelapis yang akan tertutup seam seal.

   
   
 memperbaiki jaket kedap air  4. Alas helm

Pada jaket gunung selalu terdapat capuchon, atau hood. Ini adalah tutup kepala kala hujan. Bagian ini berbentuk bundar, hingga sulit untuk menempelkan secara rata permukaan sambungan dengan seam seal tape. Gunakan helm motor untuk membantu mendapatkan permukaan rata guna menempelkan setrika. Gerakan setrika sesuai bentuk permukaan.

   
   
 memperbaiki jaket kedap air  5. Lapisi kain halus dan setrika

Lapisi kain halus pada permukaan yang akan ditempel. Pastikan setrika sudah panas. Lihat indikator setrika, dan dekatkan permukaan telapak pada dasar setrika untuk merasakan panas. Jika sudah panas, tekan perlahan selama lima sampai 10 detik.

   
   
memperbaiki jaket kedap air  6. Periksa hasil

Setelah setrika, buka perlahan kain pelapis. Terkadang kain menempel pada permukaan karena ada bekas perekat lama. Tunggu suhu turun, maka dapat lebih mudah membuka kain lapis. Perhatikan apakah seam seal sudah terpasang dengan baik. Jika masih ada bagian yang tidak terlapisi, ulangi proses seperti semula.

HASIL AKHIR:

Seluruh bagian jahitan sudah terlapisi oleh seam seal. Dibutuhkan akal sehat penjahit untuk bisa melakukan perbaikan sambungan kedap air. Pembuatan sambungan mengikuti pola penjahit jadi pelapisan pun mengikuti urutan menyambung jahitan jaket. (adiseno)

Similar Posts