Jakarta – Bagaimana rasanya menjelajah gua benar-benar di bawah tatapan Tuhan? Adalah gua Prohodna, terletak di Kota Karlukovo, Bulgaria. Prohodna paling dikenal di ngarai Karlukovo, salah satu daerah karst terbesar di  Bulgaria dan lokasi popular untuk penelitian speleologi. Menurut situs resmi Pariwisata Bulgaria, gua ini merupakan bagian dari Taman Nasional Geologi Iskar-Panega yang telah tercatat oleh UNESCO.

Sebutan The Eye of God dikarenakan entrance-nya yang terlihat seperti sepasang mata yang sedang menatap dari langit. Masing masing entrance dikenal sebagai small entrance dengan ketinggian 35 meter dan big entrance 45 meter.

Formasi yang  disebut Oknata atau mata Tuhan ini merupakan hasil kekuatan erosi alami yang menampilkan kondisi bawah tanah yang dramatis.

Kedalaman-nya sampai 262m menjadikan Prohodna sebagai gua terpanjang di Bulgaria. Prohodna juga dijuluki sebagai ‘gua selam’ atau ‘passage cave’.

Jalur dari big entrance gua Prohodna, mengarah ke Petre Tranteev National Caving House yang merupakan satu dari 100 tempat wisata Bulgaria.

Selain karena bentuk gua-nya yang unik, Prohodna juga dikelola oleh pihak Peter Tranteev sebagai tempat atraksi bungee jumping dari big entrance gua. Gua ini buka sepanjang tahun. Tak ada pungutan biaya untuk menjelajahi gua Prohodna. Namun jika ingin melakukan  bungee jumping, harus melakukan perjanjian dulu dengan pihak pengelola. (sho)

 

arena bungee jumping di gua Prohodna

 

foto : dailymail

Similar Posts