arung jeram sungai buatan

JAKARTA – Dufan sudah menyediakan sungai buatan dengan perahu tanpa kemudi. Ketika Olimpiade London, 2012, lomba kayak arus deras dilakukan di sungai buatan Lee Valley White Water Centre. Di Hertsfordshire hanya sekitar 60kilometer dari pusat Kota London.

Venue olahraga arung jeram ini dibangun dengan harga 50juta USD  atau sekitar 6,7triliun rupiah. Jalur slalom panjangnya 300meter sesuai standar lomba internassional. Jalur yang memutar dari reservoir air bersih, dipompa menggunakan dua pompa. Pompa mampu mengalirkan 13kubik meter per detik  pada jalur yang beda ketinggiannya 5,5meter atau gradien sungai buatan 1.8%.

arung Jeram Sungai Buatan
Layout Lee Valley White Water Centre saat digunakan untuk lomba arus deras pada Olimpiade London 2012. (http://www.worldfortravel.com)

Juga tersedia jalur pemanasan sepanjang 160meter dengan beda ketinggian 1.6meter. Pada saat Olimpiade tersedia tempat untuk 12.000penonton. Otoritas Taman Regonal Lee Valley  yang mengelola pusat arung jeram ini membutuhkan pemasukan 45ribu Poundsterling setiap harinya untuk bisa membiayai operasi kawasan.

Sungai buatan juga digunakan pada World Rafting Championship di Abu Dhabi pada tahun 2016 (ads/berbagai sumber)

Foto utama: Lee Valley White Water Centre Venue yang digunakan untuk lomba kayak arus deras pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2016. (Mary Gregory /Wikimedia)

Similar Posts