arena panjat di jakarta

Olahraga panjat menjadi salah satu kegiatan outdoor yang layak dicoba. Selain karena manfaat yang dihasilkan pada tubuh, olahraga ini juga tidak banyak menyita waktu alias dapat dilakukan pada akhir pekan. Berlatih panjat di dinding atau biasa disebut wall climbing bisa jadi langkah awal mencoba kegiatan ini.

Beberapa lokasi olahraga, diantaranya GOR Jakarta Barat, GOR Otista Jakarta Timur, dan GOR Jakarta Utara menyediakan fasilitas dinding panjat yang dapat digunakan dengan membuat permohonan izin ke pihak pengelola. Saat ini juga telah ada penyedia layanan kursus memanjat yang juga menyediakan alat set memanjat. Arena panjat di Jakarta dan sekitarnya ini juga menyediakan ruang berlatih di dalam atau luar ruangan, tergantung kebutuhan pemanjat. Berlatihnya pun tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal, berkisar dari Rp70ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dijadikan opsi untuk berlatih memanjat

Wall Climbing Pasar Festival

arena panjat di jakarta
Dinding panjat Mapala UI

Dinding panjat yang terletak di daerah Kuningan, Jakarta ini dibangun pada oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Tersedia tiga tipe wall yang dapat dicoba. Green Wall atau dinding vertikal, Yellow Wall atau dinding overhang, dan White Wall yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemanjat. Arena ini bisa dapat digunakan secara personal dengan mengajukan permohonan izin atau mengikuti kelas berlatih khusus. Untuk kelas memanjat terbuka untuk umum pada weekdays mulai pukul 5 (lima) sore hingga 9 (sembilan) malam, sedangkan weekend buka mulai pukul 9 (sembilan) hingga 2 (dua) siang.

Wall Climbing Mapala UI

Terletak di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Dinding panjat ini terbagi menjadi dua area, yakni vertical dan overhang. Dinding yang dibangun pada 2014 ini bisa diakses secara cuma-cuma dengan melakukan pemberitahuan kepada pihak Sekretariat Mapala UI yang berada tepat di sebelah dinding panjat ini. Namun, peralatan memanjat tidak disediakan.

arena panjat di jakarta
Salah satu dinding panjat di Bremgra.

Bremgra Indoor Climbing Gym

Lokasi berlatih panjat dalam ruang ini terletak di Jalan Raya Cilenggang No. 123, BSD City, Tangerang. Dinding panjat yang ada dalam gym ini memiliki ketinggian yang bervariasi, tergantung kebutuhan dan kemampuan pemanjat. Bremgra membuka kelas berlatih untuk beragam usia dan buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00. (uli/berbagai sumber)

Similar Posts