review deuter futura

Untuk ransel, Deuter (baca: doiter), produk asal Jerman yang namanya sedang melejit di Indonesia ini mengakomodir beragam jenis kegiatan. Ransel untuk digunakan sehari-hari (daypacks), untuk trekking atau hiking, climbing, dan cycling. Jika pilihannya akan melakukan kegiatan trekking beberapa hari, carrier Deuter berjenis Futura Vario 45+10 SL bisa jadi pilihan.

Dibandingkan dengan produk Deuter lainnya, jenis Futura punya back system yang berbeda, yakni vented back system. Jenis back system ini serupa jaring-jaring yang tidak menempel langsung dengan badan ransel, memberikan ruang antara tubuh dengan ransel. Untuk yang tidak terlalu tahan panasnya bagian torso karena beradu dengan badan ransel saat trekking, back system ini akan cukup membantu. Selain itu, Futura Vario juga unggul karena back system-nya bisa disesuaikan dengan ukuran torso pengguna, mulai dari ukuran L sampai yang terkecil XS.

review deuter futura
Warna terbaru dari Deuter Futura Vario 45+10 SL (deuter.com)

Futura Vario punya beberapa ukuran. Yang terkecil adalah 45+10 SL. Apa bedanya dengan Futura Vario? Kata SL sendiri adalah singkatan dari “Slim Line”. Carry system-nya didesain sesuai kebutuhan kaum perempuan, yang umumnya memiliki ukuran torso (bagian belakang tubuh dari leher hingga pinggang) yang lebih pendek dibanding laki-laki. Namun, produk ini juga bisa digunakan untuk laki-laki yang memiliki perawakan tubuh yang kecil.

45+10 menunjukkan muatan carrier. Ada dua kompartemen utama, yang masing-masing bisa diakses dari bagian depan carrier tanpa harus membuka kepala ransel. Kompartemen bawah bisa digunakan untuk menyimpan sleeping bag atau apapun yang butuh diambil secara cepat. Kompartemen utama bagian atas bisa memuat lebih dari tiga botol air mineral ukuran 1,5 liter dan perlengkapan trekking lainnya yang lebih ringan. Antara kompartemen atas dan bawah terdapat sekat dengan zipper yang bisa dipilih untuk digunakan atau tidak.

Selain dua kompartemen utama, di sisi kiri dan kanan ransel terdapat dua kantong dengan zipper dan dua kantong berbahan elastis, serta satu kantong tambahan di bagian depan. Dengan kompartemen tambahan 10 liter di bagian atas, Futura Vario 45+10 SL bisa digunakan untuk perjalanan trekking lebih kurang lima hari.

Untuk material yang digunakan, terbukti tahan air. Meskipun untuk hujan deras tetap dibutuhkan raincover, yang juga sudah tersedia di bagian bawah carrier. Tidak lupa ada tali elastis di sisi kiri dan kanan carrier untuk meletakkan trekking pole. Adjustable strap yang berada di bagian dada. Juga strap di bagian pinggang dengan sistem Vari Flex Hip Wings, dengan kantong. Dengan segala jenis fitur yang telah disebutkan, Futura Vario 45+10 SL dibanderol dengan harga sekitar Rp2,3juta. (uli)

Foto utama: Paduan warna cranberry dan oyster jadi salah satu warna Futura Vario 45+10 SL yang pernah dikeluarkan Deuter (kanan). (dokumentasi Sany Ustman)

Similar Posts