review buku fotografi Reynold Sumayku

Kisah Karya Fotografi Reynold Sumayku

Khasanah buku fotografi bertambah lagi dengan terbitnya Pada Suatu Foto. Ditulis oleh Reynold Sumayku, juru foto lepas yang pernah bekerja di berbagai media massa nasional. Reynold atau Rey, memiliki latar belakang pencinta alam sejak SMA. Ia tergabung dalam Galaspala dan Mapala Universitas Indonesia, ketika lanjut kuliah.

review buku fotografi Reynold SumaykuBeda dengan buku karya para juru foto yang mengandalkan idiom satu foto setara seribu kata, Rey memberikan cerita dan filosofi dibalik fotografi. Dan kelebihan Rey ia pandai bertutur dengan kata-kata, seindah karya visualnya.

Bukunya terbagi dalam 19 Bab dengan pengantar yang menjelaskan bahwa awalnya Rey ingin seperti buku fotografi konvensional, namun akhirnya saat menjadi juri untuk lomba penulisan cerita rakyat Nusantara, Rey memutuskan menyajikan buku cerita bergambar.

Rey tidak saja menaruh karyanya ia juga mengetengahkan karya-karya juru foto dunia. Sejarah fotografi, latar belakang genre fotografi semua disentuh oleh Rey. Pada Suatu Foto adalah karya ensiklopedia foto. Dan yang menarik, pada halaman 212, Rey mengulas fotografi Petualangan. Ia menyebutnya sebagai Langkah Menuju Perbatasan. Rey mengemukakan juru foto Don Hasman, yang juga memiliki latar pencinta alam seperti dirinya. Ia juga mengetengahkan juru foto yang sedang memijar, Jimmy Chin. Serta Rey mengutip dan menulis ulang pertemuannya dengan Pat Morrow, juru foto sekaligus orang perdana mendaki Seven Summit + Carstensz Pyramid. (adiseno)

review buku fotografi Reynold Sumayku

Foto utama: Salah satu foto yang terdapat dalam buku “Pada Suatu Foto”. Foto diambil saat laporan jurnalistik satu tahun gempa Nepal yang diterbitkan di situs cnnindonesia.

Similar Posts