alex honnold

Alex Honnold, pemanjat free solo yang sekarang ini paling dikenal. Pemanjatannya tanpa pengaman di tebing raksasa.Alone on The Wall adalah kisah hidupnya yang dirajut dalam tujuh pemanjatannya. Ditulis oleh Honnold sendiri bersama wartawan David Roberts.

Ulasan dibuat oleh Jack Geldard yang diunggah di ads.ukclimbing.com.  Buku dibagi dalam sembilan bab, dengan jumlah halaman 248lembar. Semua terkait dengan pemanjatan free solo pria yang berusia belum 30tahun.  Diawali dari pemanjatan solo pertamanya di Moonlight Buttress dan terus berlanjut hingga penyeberangannya di Fitzroy, Patagonia. Diakhir buku diisi rencana ke depan Honnold yang aktivitasnya masuk dalam kalangan yang setengahnya sudah tewas.

Ketika dalam talkshow yang dilakukan Honnold seorang anak menanyakan dengan polos, “Apa kamu tidak takut mati?” Honnold menjawab. “Semua orang akan mati. Kenapa kita tidak melakukannya dengan cara yang hebat?”

Alex Honnold, sekarang ini salah satu tokoh utama panjat tebing.  Ia menjelaskan bahwa dirinya menginginkan bawa gaya memanjat di Yosemite ke Karakoram . Memanjat cepat di gunung gunung tertinggi dunia. Ia juga mengenal batas dirinya, karena menyebutkan bahwa ada jalur-jalur free solo untuk generasi pemanjat selanjutnya. Ia percaya di masa depan ada yang bisa melampaui dirinya.

Buku ini dirajut secara baik oleh David Roberts, dengan pandangan dari dalam diri Alex Honnold yang dituliskan dalam cetak miring.  “Jika apa yang saya lakukan menginspirasi orang lain itu bagus, tapi saya melakukan ini bukan untuk itu.”  

Buku yang ditulis dengan baik  menawan dan jujur mengenai seorang yang membuat kita bertanya seperti apa orang yang berada diketinggian tanpa pengaman. (ads/ sumber: Jack Geldard /ads.ukclimbing.com)

alex honnold

Similar Posts