Kaliangkring – Siang itu, saya tengah menikmati indahnya pemandangan kota Magelang dari Pos 1, Gunung Sumbing via Kaliangkrik. Baru satu jam berjalan, saya sudah dibuat terpesona oleh keindahan pemandangan yang ditawarkan. Tak ingin menyesal, saya mulai mengabadikan indahnya hamparan ladang dan petak-petak rumah lewat foto. Seperti terhipnotis, saya asik menikmati pemandangan sampai sadar bahwa ada sesuatu yang mengganggu indra penciuman saya.

Aroma khas bensin refleks membuat saya mencari sumber bau. Tak jauh, tiga orang pendaki gunung lainnya terlihat sedang memegang selembar kain putih kecil. Sebotol cairan berwarna biru bening terlihat dituangkan sedikit demi sedikit pada lembaran kain putih tersebut. Karena pensaran, saya pun mulai mendekat.

Seperti sudah ada pembagian tugas, seorang pendaki mulai menggosok-gosokkan kain berlumur bensin itu ke arah seng atap pos, lainnya fokus pada tiang penyangga pos. Saya baru menyadari, pos yang dibangun sebagai tempat peristirahatan para pendaki ini penuh oleh coretan spidol.

‘’Coretan seperti ini kan mengotori. Sebagai penikmat gunung, harusnya fasilitas seperti ini bisa kita jaga, bukannya malah mengotori.’’ Jawab Murmi, saat saya tanya apa alasan mereka melakukan hal tersebut.

Seminggu sebelumnya, Murmi dan teman-temannya sudah melakukan pendakian Gunung Sumbing di jalur yang sama. Namun, keresahan seolah menghampiri melihat bangunan yang difasilitasi untuk kegiatannya itu dikotori oleh tangan-tangan jahil yang entah apa maksudnya. Jadilah Murmi dan teman-temannya merencanakan perjalanan berikutnya dengan membawa sebotol bensin dan selembar kain tipis tak terpakai.

‘’Aku ngga terima aja mbak, alam kita dikotori. Bikin sepet mata.’’ Tambahnya, sambil terus menyeka kain kecil beraroma bensin pada pondasi bangunan.

 

Ditengah maraknya pendaki-pendaki yang sibuk memenuhi hasratnya hanya untuk kepuasan semata, senang betul rasanya menemukan orang-orang yang masih memiliki tanggungjawab terhadap apa yang sudah memfasilitasi kegiatan mendaki gunungnya. (shofiya)

 

 

Tujuan khusus mendaki kali ini untuk pembersihan tulisan di fasilitas umum pendakian
Similar Posts