masa pendidikan pencinta alam

JAKARTA – Mulai 6 Juli 2017, pendaki Gunung Gede dan Pangrango wajib mengurus surat keterangan sehat di tempat yang ditunjuk secara resmi oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat yang dimaksud adalah Klinik Edelweis di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak di Cibodas.

Regulasi tersebut tertuang dalam surat edaran SE.860/BBTNGGP/Kabidtek/Tek.P2/07.2017 yang ditandatangai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Menurut Adison, Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini dikeluarkan karena sering terjadi kecelakaan dalam pendakian akibat keadaan tubuh yang kurang prima saat melakukan pendakian. Selain itu pihaknya juga ingin meminimalisasi pemalsuan surat keterangan kesehatan.

“Selama ini surat keterangan sehat itu (diterbitkan) dari jauh hari sebelum pendakian. Pas hari pendakian itu sudah tak sehat, tapi dipaksakan naik. Itu sering terjadi. Surat kesehatan itu jadi tak update lagi,” tutur Adison.

Adison memastikan pengecekan kesehatan pendaki diambil alih BBTNGGP untuk mendapatkan kepastian kondisi kesehatan calon pendaki. Dengan adanya klinik resmi yang ditunjuk, menurutnya juga, taman nasional bisa memaksimalkan pelayanan klaim asuransi apabila pendaki mengalami kecelakaan. “Kalau tak ada surat kesehatan (yang resmi), asuransi tak cair.”

Klinik Edelweis buka hingga pukul 17.00 selama masa soft launching. Selanjutnya, menurut Adison, klinik akan buka 24 jam. “Sedang kami siapkan sumber daya manusianya,” ujarnya. (uli/sumber: kompas.com)

Similar Posts