mapagama cave exploration

JAKARTA – Tiga kelompok pencinta alam sedang sama-sama melaksanakan kegiatan di belahan dunia berbeda. Masing-masing adalah Mapagama Universitas Gajahmada Yogyakarta, KPA Arkadia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Wanala Universitas Airlangga Surabaya. Ketiga kelompok ini memiliki misi masing-masing.

Kelompok Mapagama Universitas Gajahmada Yogyakarta misalnya. Mereka melakukan kegiatan berupa eksplorasi gua di kawasan karst Satun, Thailand. Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan ekspedisi internasional kelompok itu. Perjalanan kali ini merupakan rangkaian keempat setelah sebelumnya mereka selesai melaksanakan perjalanan ke Gunung Stok Kangri di India. Tim Eksplorasi sudah bertolak ke Thailand pada Senin (1/5).

Sementara KPA Arkadia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki misi lain. Mereka melaksanakan kegiatan berupa pendakian dan pengibaran bendera raksasa di Gunung Damavand, Iran. Kegiatan ini merupakan ekspedisi luar negeri pertama kelompok itu. Selain pendakian dan pengibaran bendera, mereka juga akan melaksanakan rangkaian acara berupa seminar dan pameran foto di Negara tujuan, yakni Iran. Tim ekspedisi sudah berangkat menuju Iran sejak Selasa (2/5) lalu.

Tim ekspedisi AIDEX (Airlangga Indonesia Denali Expedition) Universitas Airlangga berlatih anchoring. (sumber: Instagram @aidex.ua)
Tim ekspedisi AIDEX (Airlangga Indonesia Denali Expedition) Universitas Airlangga berlatih anchoring. (sumber: Instagram @aidex.ua)

Yang terakhir adalah Wanala Universitas Airlangga Surabaya yang akan melaksanakan kegiatan di Alaska, Amerika Utara. Kelompok ini akan meneruskan misi mendaki salah satu dari tujuh puncak tertinggi di tujuh benua, yakni Gunung Denali (6.194 m). Pendakian ini merupakan puncak keempat dari total tujuh puncak yang harus diselesaikan. Arek-arek Suroboyo ini akan bertolak menuju Alaska pada Senin (8/5). (fir)

Similar Posts